Pagelaran Angklung dengan 15.110 Peserta, Indonesia Pecahkan Rekor Dunia

Pagelaran Angklung dengan 15.110 Peserta, Indonesia Pecahkan Rekor Dunia

Presiden Jokowi saat menghadiri pemecahan rekor dunia pagelaran angklung terbesar di dunia.-ist/jambi-independent.co.id-BPMI Setpres

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Indonesia berhasil memecahkan rekor dunia untuk pergelaran angklung terbesar, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu 5 Agustus 2023.

Rekor pergelaran angklung yang dicatat oleh Guinness World Records (GWR) tersebut diikuti oleh 15.110 peserta.

“Saya dapat memastikan bahwa dengan 15.110 peserta Indonesia telah mencapai [pemecahan rekor],” ujar penilai resmi GWR, Sonia Usirogochi.

Rekor dunia untuk pergelaran angklung terbesar sebelumnya tercipta di Monumen Washington, Washington DC, Amerika Serikat, pada 9 Juli 2011 dengan melibatkan 5.182 peserta.

BACA JUGA:Polisi Amankan Pelaku Pembakaran Lahan di Pengabuan Tanjab Barat

BACA JUGA:5 Shio yang Saldo ATM-nya Full di Agustus 2023, Uang Mengalir Deras

“Seperti diketahui, rekor saat ini adalah 5.182 peserta. Selain itu, di Indonesia per bulan lalu, Indonesia sendiri memiliki 124 Guinness World Record. Jakarta punya 13 rekor,” imbuh Sonia.

Pada kesempatan itu, Sonia menyerahkan sertifikat rekor dunia tersebut kepada Tri Suswati Tito Karnavian, yang merupakan Ketua Umum Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) sekaligus ketua panitia pergelaran.

Sertifikat selanjutnya diserahkan kepada Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi).

Sebelumnya, ribuan pemain angklung yang ikut dalam pergelaran bertajuk The Largest Angklung Ensemble in World ini menyanyikan lagu nasional Berkibarlah Benderaku ciptaan Ibu Sud dan lagu internasional Wind of Change yang dipopulerkan oleh grup musik Scorpions. Para peserta tersebut dipandu oleh Saung Angklung Udjo.

BACA JUGA:Alam Semesta Berpihak! Ini 4 Zodiak yang Paling Hoki di Agustus 2023, Impian dan Cita-cita Mudah Terwujud

BACA JUGA:5 Zodiak yang Memiliki Insting Kuat dan Selalu Tepat, Intuisinya Gak Diragukan

Tampak Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin turut memainkan alat musik yang berasal dari daerah Jawa Barat tersebut.

Selain itu, terdapat juga anggota OASE KIM, para pegawai negeri sipil dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) sejumlah kementerian/lembaga, TNI-Polri, organisasi wanita, sekolah kedinasan, pelajar, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: