Menakar Peluang Putra Alam Kerinci ke Senayan

Menakar Peluang Putra Alam Kerinci ke Senayan

Ferry Siswadhi pengamat politik dan kebijakan publik-Foto : Saprial-Jambi-independent.co.id

KERINCI,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Perebutan kursi DPR RI ditahun 2024 sepertinya akan sengit para calon akan bersaing cukup ketat, sejumlah nama beken dari dapil Kerinci Sungai Penuh muncul ke permukaan, lalu sejauh mana peluang putra Alam kerinci untuk bisa duduk di Senayan?

Menurut pengamat politik dan kebijakan publik H. Ferry Siswadhi, SE, M.Si, ditanya soal peluang Putra Alam Kerinci, menurutnya ada beberapa hal yang penting bagi calon untuk bisa mendapatkan suara pertama adalah  Popularitas calon menjadi modal untuk mengawali  sistem dan keberhasilan komunikasi. 

Kemudian pola komunikasi calon dengan  voter sangat menentukan tingkat elektabilitas, selanjutnya efektivitas mesin politik partai dan tim sukses juga sangat mempengaruhi keberhasilan komunikasi dengan voter. Dan yang terakhir adalah kontribusi masa lalu calon akan mempengaruhi voter dalam menentukan pilihannya.

Dia menambahkan dari beberapa strategi dasar tersebut bisa kita lihat peluang untuk mendapatkan suara dari masyarakat Kerinci - Sungai Penuh adalah Seperti  Asyafri Jaya Bakri . Adirozal, Syafril Nursal dan Ami Taher. "Ini hanya baru peluang mendapatkan dukungan voter(pemilih,red) Kerinci dan Sungai Penuh.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: 9 Rumah di Legok Kota Jambi Kebakaran

BACA JUGA:Serapan Anggaran di Sarolangun di Bawah 30 Persen, Ketua DPRD Tontawi Panggil OPD: Konsultan Perencanaan Lelet

" Terkait dengan peluang duduk di DPR RI ini sangat dipengaruhi oleh antara lain, persaingan calon internal Partai, Dominasi suara daerah basis, Dukungan suara dari daerah non-basis dan Persaingan calon antar Partai,"jelasnya 

Kemudian pada kondisi ini untuk Dapil Jambi peluang perolehan kursi menurutnya Ferry, Partai Golkar  Golkar sangat berpeluang untuk mendapatkan dua, kemudian Partai PAN  berpeluang satu sampai dua kursi, demikian juga dengan PDIP juga berpeluang 1 sampai dengan dua kursi.

Selanjutnya  Partai Demokrat punya peluang satu kursi sama dengan peluang Gerindra dan juga Nasdem yang juga bisa mendapat satu kursi di DPR RI kemudian tinggal satu kursi terakhir yang kemungkinan akan diperebutkan oleh PKB, PKS atau PPP.

Dia menjelaskan lagi bahwa berdasarkan komposisi bacaleg yang telah didaftarkan maka ini peluang keterwakilan Dapil Provinsi Jambi, di DPR RI dari Kerinci untuk mendapatkan kursi kedua. 

BACA JUGA:Kronologi Kejar-kejaran Polisi dengan Mobil Boks Sampai Senggol R2, Ini Penjelasan Kasat Lantas Polresta Jambi

BACA JUGA:Ciri-ciri Orang yang Semakin Bahagia dalam Hidupnya

" Berdasarkan hal-hal tersebut maka bisa kita takarkan peluang Putra Alam Kerinci di DPR RI 2024 ini berdasarkan urutan peluang, pertama Asyafri Jaya Bakri berpeluang di kursi ke-2 Partai Golkar, Adirozal kursi ke-2 jika PAN berhasil dengan 2 kursi, Kemudian Syafril Nursal jika mampu dominasi suara basis yakni di Kerinci Sungai Penuh, Ini prediksi kita yg paling rasional,"katanya.

Ferry Siswadi menambahkan bahwa impian ini bisa terwujud jika ada Peran aktif tokoh masyarakat dalam mensosialisasikan dan mengeksekusi untuk fokus pada prioritas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: