Kebakaran Bangunan Mendominasi Kejadian Kebakaran di Bungo

Kebakaran Bangunan Mendominasi Kejadian Kebakaran di Bungo

Kebakaran bangunan mendominasi kebakaran di Bungo-Foto : Siti Halimah-Jambi-independent.co.id

MUARA BUNGO, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID  - Sejak Januari hingga Juni 2023, Kabupaten Bungo telah mencatat 23 kejadian kebakaran.

 Dalam data yang dikeluarkan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bungo, terlihat bahwa kebakaran bangunan merupakan jenis kebakaran yang paling dominan terjadi di wilayah kabupaten Bungo

Dari total kejadian kebakaran terjadi di Kabupaten Bungo, terdapat 12 kali kebakaran bangunan, 7 kali kebakaran lahan, 1 kali kebakaran pabrik industri, dan 3 kali kebakaran lainnya, meliputi induk tiang listrik, tumpukan ban bekas, dan mobil bus.

Kepala Bidang Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bungo, Herpendi, mengungkapkan bahwa sebagian besar kebakaran disebabkan oleh kelalaian masyarakat, seperti gas bocor dan korsleting listrik. 

BACA JUGA:BANGGA..!! Teknologi Nikuba Asal Indonesia Diadopsi Ducati dan Ferrari, Aryanti Misel Dapat Banyak Pujian

BACA JUGA:Waspada..! Loker Penipuan Penerimaan Honorer di Kantor Camat Pasar Muara Bungo

Sementara itu, kebakaran lahan terjadi akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan

Herpendi juga menjelaskan bahwa kawasan dengan kejadian kebakaran paling banyak adalah tempat dengan penduduk yang padat. Rumah-rumah warga di daerah tersebut umumnya terbuat dari bahan kayu, yang sangat mudah terbakar.

Dalam upaya menekan angka kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bungo menghimbau masyarakat Kabupaten Bungo untuk selalu waspada terhadap bahaya kebakaran.

 Beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan antara lain adalah pemeriksaan instalasi listrik secara rutin setidaknya 10 tahun sekali, menggunakan peralatan listrik yang sesuai standar PLN, serta mematikan listrik yang tidak perlu.

BACA JUGA:Jalan Khusus Batu Bara Butuh Keseriusan, Rahmat: Menyangkut Nama Baik Gubernur

BACA JUGA:Duh.!! Ketahuan Ambil Keindahan Sawah di Bali, Video Promosi Pariwisata Filipina Ini Bikin Heboh

Herpendi juga menekankan pentingnya memperhatikan instalasi listrik di rumah masing-masing. Apakah instalasi tersebut sesuai dengan standar atau tidak, dan apakah ada tindak pencurian listrik. 

Ia juga mengimbau warga untuk memeriksa kembali peralatan dapur dan elektronik sebelum meninggalkan rumah, guna memastikan bahwa semua sudah dimatikan dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: