Ini Daftar Harga Kambing Menjelang Idul Adha, Terus Alami Kenaikan

Ini Daftar Harga Kambing Menjelang Idul Adha, Terus Alami Kenaikan

Cek harga kambing menjelang Idul Adha-Foto : Siti Halimah-Jambi-independent.co.id

MUARA BUNGO, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Menjelang perayaan Idul Adha, harga kambing di sejumlah lapak pedagang hewan kurban di Jalan Samurai, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, mengalami kenaikan yang cukup tinggi. 

Seorang pedagang hewan kurban, Romani, mengungkapkan bahwa harga kambing naik hingga Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu per ekor. Menurutnya, kenaikan harga kambing ini merupakan hal yang biasa terjadi setiap tahun.

"Sekarang kambing yang biasanya dihargai Rp 2.500.000 naik menjadi Rp 4.000.000 per ekor, itu pun untuk ukuran yang kecil," ungkap Romani kepada Jambi Independent di lapak dagangannya di Jalan Raya Samurai, Selasa, 13 Juni 2023 pagi.

Tidak hanya kambing dengan ukuran kecil, kambing jenis Rambon besar juga mengalami kenaikan harga. Harga kambing tersebut naik dari Rp 3.000.000 menjadi Rp 3.500.000 per ekor. 

BACA JUGA:Ternyata! Polisi Sebut Muhammad Imaduddin Alias Iim Meninggal Dunia Akibat Gantung Diri

BACA JUGA:Kebakaran 1 Unit Rumah di Bungo, Diduga Anak Korban dengan Gangguan Jiwa Bakar Barang di Dalam Rumah

Kenaikan harga kambing ini dipengaruhi oleh naiknya harga kambing di sebagian daerah pemasok dari luar kota.

"Jadi, baik kambing ukuran kecil maupun besar mengalami kenaikan sebesar Rp 100.000 per ekor. Karena harganya naik, saya juga tidak berani menyimpan stok yang banyak-banyak," jelas Romani.

Romani menyatakan bahwa penjualan kambing kurban saat ini masih terbilang sepi. Namun, ia berharap menjelang hari raya Idul Adha, penjualan kambing kurban di lapak dagangannya dapat meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

"Belum terlihat peningkatan penjualan sekarang, tapi saya berharap akan lebih baik dari tahun lalu," harapnya.

BACA JUGA:5 Karakteristik Zodiak Capricorn yang Harus Kamu Tahu, Terkenal Ambisi dan Tekun

BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Penjualan Kambing Kurban di Bungo Masih Sepi Pembeli

Untuk menjaga kesehatan kambing kurban yang dijualnya, Romani menjelaskan bahwa ia secara rutin membersihkan kandang, memberikan makanan berkualitas. Juga melakukan pemeriksaan kesehatan dan pemberian asupan vitamin kepada kambing kurban tersebut.

Idul Adha, atau juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban, adalah salah satu hari raya penting dalam agama Islam di mana umat Muslim berkumpul untuk melaksanakan ibadah kurban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: