Deteksi Dini Virus TB dan HIV/AIDS, Lapas Bangko Lakukan Screening Warga Binaan

Deteksi Dini Virus TB dan HIV/AIDS, Lapas Bangko Lakukan Screening Warga Binaan

Lapas Bangko Lakukan Screening Warga Binaan--

Bangko, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Lapas Kelas II B Bangko kembali bekerja sama dengan Dinas kesehatan Kabupaten Merangin untuk melaksanakan Screening kesehatan bagi Warga Binaan di Lapas Bangko Pada hari ini, Selasa 09 Mei 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan di ruangan aula bawah Lapas Bangko, dalam pelaksanaannya selain Dinkes Merangin hadir juga dari Dinkes porvinsi Jambi yang dipimpin oleh Kasi P2PM dr. Najatul Hasanah dan Puskesmas Pematang Kandis yang dipimpin dr. Herdra Wijaya.

Screening HIV itu dilaksanakan dua hari dengan agenda screening kesehatan warga binaan dan sosialisasi penyakit TB dan HIV.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin melalui Haris Nurdin, S.Km, M.Ph selalu Kabid P2P Dinkes Merangin menerangkan, kegiatan tersebut adalah sebagai bentuk pelaksanaan pelayanan publik yang menjadi program pemerintah.

BACA JUGA:Mau Dapat Cuan Rp 300 Ribu per Hari?Saldo DANA Melimpah, Para Gamers Pasti Suka, Begini Caranya

BACA JUGA:Heboh Diajak Pendiri Ponpes Al Zaytun Salam Yahudi, Ini Pengakuan Lucky Hakim: Di Dalam Pesantren Ada...

"kita sendiri sudah lama bekerjasama dengan Lapas,"ungkap Haris.

Dilanjutkan Haris, Screening kesehatan ini khusus pemeriksaan penyakit menular seksual dan penyakit TB yang diikuti sebanyak 100 orang warga binaan Lapas Bangko.

Sementara itu terpisah Kepala Lapas Kelas IIB Bangko, Erwan Prasetyo, Amd.IP, S.H, M.Si mengatakan bahwa kedatangan tim kesehatan dari provinsi Jambi dan Merangin sebagai bentuk implementasi kerjasama antara Lapas Kelas IIB Bangko dengan Dinas Kesehatan Merangin dalam rangka pengendalian dan Pemberantasan TB/HIV di Lapas.

“Kami sangat berterima kasih kepada Dinkes dan jajarannya atas kerjasamanya dalam memenuhi pelayanan kesehatan bagi warga binaan Lapas Bangko," Jelas Erwan.

BACA JUGA:Wow Full Senyum! Harga BBM Pertamina Turun per 10 Mei 2023, Cek Harga Pertalite-Pertamax di SPBU Sekarang

BACA JUGA:Ini 6 Shio yang Beruntung di Mei 2023, Dapat Hoki Besar, Rezeki Datang, Cuan dan Karir Makin Cerah

Kata dia, Lingkungan Lapas dan kehidupan didalamnya sangat rentan dan bersiko terjadinya penularan TB apabila penanganan dan pengendalian tidak dilakukan secara baik dan serius.

“Penghuni Lapas merupakan salah satu kelompok rentan dan beresiko, mereka terisolasi dalam satu lingkungan, sehingga resiko penularan penyakit menular khususnya TB sangat besar apabila tidak ditangani dan dicegah sejak dini” Tambah Erwan

Sementara Itu Kepala Puskesmas Pematang Kandis dr. Hendra Wijaya mengatakan Puskesmas Pematang Kandis selalu siap memberikan bantuan pelayanan kesehatan kepada Lapas Bangko.

"Selama ini kita dan Lapas Bangko telah bekerjasama dengan baik dalam memberikan pelayanan kesehatan di Lapas Bangko, apa lagi sekarang Lapas telah memiliki Klinik Pratama untuk melayani pemeriksaan kesehatan warga binaan,"singkat Hendra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: