Ciri-ciri dan Cerita Dabbah, akan Membuat Tanda di Wajah Orang Mu’min

Ciri-ciri dan Cerita Dabbah, akan Membuat Tanda di Wajah Orang Mu’min

Kadal Mole yang dinarasikan sebagai Dabbah di Salah satu Akun Facebook-istimewa-Tangkapanlayar-youtube- Ben G Thomas -

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Dabbatul Ardh adalah sebuah frasa yang berarti binatang atau hewan buas (monster) yang muncul dari perut bumi.

Dalam  Islam binatang ini sebagai salah satu tanda sebelum datangnya Hari Penghakiman.

Binatang melata ini akan keluar di kota Mekah dekat gunung Shafa, setelah peristiwa Matahari terbit dari Barat, ia akan berbicara dengan kata-kata yang fasih dan jelas.

Dabbat al-ard ini akan membawa tongkat Nabi Musa As. dan cincin Nabi Sulaiman As.

Dābbat dalam Bahasa Arab yang berarti “binatang” atau “binatang buas (monster)”, berasal dari kata debbe, yang berarti berjuang, kata ini sering digunakan untuk binatang dan serangga.

BACA JUGA:Deretan Tebak-tebakan Lucu, Makanan apa yang Bikin Bete?

BACA JUGA:Catat, ini Syarat untuk Membuat Akta Kelahiran 2023, Lengkap dengan Prosedur dan Biayanya

Sedangkan kalimat al-Ard berarti bumi. Namun makna secara bahasa, Dābbat al-Ard memiliki arti “Hewan bumi (tanah)” dalam bahasa Indonesia.

Ibnu Jurayj mengatakan bahwa Ibnu Zubair menjabarkan binatang ini dengan rinci, "Kepalanya seperti kepala kerbau, matanya seperti mata babi, telinganya seperti telinga gajah, tanduknya seperti tanduk rusa jantan, lehernya seperti leher burung unta, dadanya seperti dada singa, warna kulitnya seperti warna kulit harimau, panggulnya seperti panggul kucing, ekornya seperti ekor biri-biri jantan dan kakinya seperti kaki unta.

Di antara sepasang persendiannya sejarak 12 ukuran garis lurus.

Sedangkan penjelasan lain menjelaskan bahwa Dabbat al-ard adalah seekor hewan yang memiliki bulu panjang dan bulu yang pendek.

Memiliki tubuh yang sangat besar dikatakan semasa ia keluar dari sarangnya dengan kecepatan seperti seeokor kuda yang berlari setelah 3 hari, dan dabbatul ard bisa mengeluarkan 1/3 badannya. Kemudian ia mampu berbicara dengan manusia dengan berbagai bahasa di dunia, sebelah tangan kiri memegang tongkat Nabi Musa dan jari tangan kanan memakai cincin Nabi Sulaiman, ia akan keluar dari kawasan di antara bukit Sofa dan Marwa.

Dabbatul memiliki misi dan tujuan ketika ia muncul, diantaranya adalah akan berbicara kepada manusia bahwa ”Sesungguhnya manusia sudah tidak yakin dengan ayat-ayat Allah".

BACA JUGA:Anda Kesulitan Melunasi Hutang? Lakukan 5 Amalan Ini Rutin Setiap Hari agar Hutang Cepat Lunas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: