Ciri-ciri dan Tugas Dabbah, Hewan Melata yang Dipercaya Keluar Menjelang Kiamat

Ciri-ciri dan Tugas Dabbah, Hewan Melata yang Dipercaya Keluar Menjelang Kiamat

Kadal Mole yang dinarasikan sebagai Dabbah di Salah satu Akun Facebook-istimewa-Tangkapanlayar-youtube- Ben G Thomas -

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Dabbah adalah salah satu tanda akan terjadinya kiamat besar berupa hewan melata. 

Hanya Allah SWT yang tahu pasti tentang rupa hewan ini. Namun, hadis Rasulullah telah memberikan penjelasan sedikit mengenai ciri-ciri dan tugas dabbah.

Mungkin, kemunculan dabbah terkesan kurang masuk akal dan sulit dipercaya. 

Kendati demikian, sudah kewajiban bagi setiap muslim untuk memercayainya. Sebab, kedatangannya telah disebutkan dalam Al-Qur'an Surah An-Naml ayat 82. 

Allah berfirman yang artinya,

BACA JUGA:Kebaikan yang Diterima Tubuh Jika Sering Sarapan Tomat Setiap Hari

BACA JUGA:Fokus pada Eksekusi Strategi Go-to-Market yang Tepat, Kinerja Indosat Melesat Tumbuh 2 Digit

"Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan dabbah (sejenis binatang melata) dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami." (QS. An-Naml, [27]:82).

Pengertian Dabbah

Dabbah menjadi salah satu tanda kiamat yang kelak akan terjadi. Namun, apakah kamu tahu arti dari namanya? Istilah dabbah berasal dari bahasa Arab, yakni دابة. Biasanya, dabbah bersanding dengan kata Al-Ardh.

Dalam bahasa Arab, dabbah bisa berarti 'binatang' saja atau 'monster', sedangkan Al-Ardh artinya 'bumi'. Ini artinya, dabbah al-Ardh (دابة الأرض) adalah binatang buas atau monster yang berasal dari bumi.

Selain dari Al-Qur'an, kemunculan hewan ini juga telah dikabarkan lewat hadis Rasulullah. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,

"Ada tiga hal yang jika keluar, maka tidak akan berguna lagi keimanan orang yang belum beriman sebelumnya atau belum mengusahakan kebaikan yang dilakukan dalam keimannya, terbitnya matahari dari barat, Dajjal, dan binatang bumi (dabbah)." (HR. Muslim).

Ciri-ciri Dabbah Al-Ardh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: