Membahayakan Keselamatan, Pemudik Diimbau Tidak Gunakan Sepeda Motor, Manfaatkan Program Mudik Gratis

Membahayakan Keselamatan, Pemudik Diimbau Tidak Gunakan Sepeda Motor, Manfaatkan Program Mudik Gratis

Kemenhub Antisipasi lonjakan pemudik di lebaran 2023-Foto : Kominfo.go.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi jumlah pemudik pada tahun 2023 ini akan meningkat dibandingkan tahun 2022 lalu.

Terkait hal ini, Kemenhub mengimbau agar para pemudik, terutama jarak jauh, agar tidak melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Senin 13 Maret 2023, mengatakan perjalanan mudik jarak jauh menggunakan sepeda motor sangat membahayakan keselamatan, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Mengutip situs resmi Kemenhub, dephub.go.id, Budi Karya mengatakan, potensi kecelakaan apabila melakukan perjalanan mudik jarak jauh sangat tinggi.

BACA JUGA:Daftar Harga BBM Pertamina di Seluruh Indonesia, Cek Harga Pertalite-Pertamax di Jambi per 14 Maret 2023

BACA JUGA:KKI Warsi Fasilitasi Masyarakat Adat Depati Nyato Kerinci, Dapat Pengakuan dari Pemerintah atas Hutan Adat

Budi Karya mengimbau agar pemudik, terutama jarak jauh, agar memanfaatkan program mudik gratis yang pada tahun ini kembali dilaksanakan Kemenhub.

Tidak hanya penumpang, Budi Karya mengatakan sepeda motornya juga akan diangkut secara gratis, sehingga bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan.

Lebih lanjut, Budi Karya mengatakan program mudik gratis ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengurangi jumlah pemudik pengguna sepeda motor.

Ia menyebutkan, pada tahun 2023 ini pengguna sepeda motor diprediksi mencapai 25,13 juta orang, atau 20,3% dari total prediksi pemudik tahun ini yang diprediksi mencapai 123,8 juta orang.

BACA JUGA:Mau Daftar CPNS 2023? Ini 5 Formasi CPNS 2023 untuk Lulusan SMA

BACA JUGA:Bawa Emas Hasil Tambang Ilegal ke Sarolangun, Warga Batang Asai Diciduk Polisi

Walaupun dengan berbagai alasan kemudahan, namun Budi Karya mengatakan menggunakan sepeda motor saat mudik tetap tidak menjamin keselamatan.

Budi Karya juga mengimbau pihak lainnya, baik Kementerian/Lembaga, BUMN, perusahaan-perusahaan swasta, dan pihak lainnya, juga membuat peogram mudik gratis agar kuotanya semakin banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: