Kedaireka Hadir Lagi di Jambi, Dorong Peluang Kolaborasi dengan Dana Hibah Hingga Rp 1 T

Kedaireka Hadir Lagi di Jambi, Dorong Peluang Kolaborasi dengan Dana Hibah Hingga Rp 1 T

Para narasumber dan peserta saat mengikuti kegiatan RekaPreneur, Selasa 7 Maret 2023-Foto : ist-Jambi-independent.co.id

JAMBI,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Setelah sukses roadshow tiga kota (Palembang, Lombok, Kupang) pada Januari lalu, RekaPreneur kini hadir di Jambi pada Selasa, 7 Maret 2023 di Aston Hotel, Jambi.

 

RekaPreneur kali ini menghadirkan narasumber kompeten yang akan menginspirasi kolaborasi berkelanjutan antara perguruan tinggi dan sektor industri dalam mengembangkan potensi daerah Jambi dan sekitarnya. Selain di Jambi, RekaPreneur juga diadakan di Manado dan Palangka Raya.

 

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Prof. Nizam menyampaikan bahwa rangkaian RekaPreneur kali ini akan melanjutkan rangkaian tiga kota sebelumnya dengan kini menambahkan ajang sosialisasi dan promosi Ekosistem Kedaireka 2023 kepada insan perguruan tinggi dan entitas-entitas usaha atau Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) di kota terkait agar tingkat partisipasi kolaborasi mereka di tingkat daerah lebih meningkat.

 

“RekaPreneur kali ini kami fokus untuk memperkenalkan kembali Ekosistem Kedaireka yang memiliki misi untuk meningkatkan soft skill dari Insan Perguruan Tinggi dalam menyusun proposal inovasi dan meningkatkan partisipasi pihak DUDI di program Matching Fund untuk berjodoh dengan Perguruan Tinggi, dan diharapkan dapat terus langgeng agar bisa menghadirkan solusi-solusi yang berguna bagi masyarakat. RekaPreneur tahun 2023 juga memberikan wadah bagi pejabat di daerah terkait untuk memaparkan rencana kerja dan peluang-peluang perjodohan untuk multi-stakeholder. Ini kami lakukan untuk meningkatkan potensi perkawinan yang lebih besar bagi Insan Perguruan Tinggi dengan Mitra DUDI dalam berkolaborasi”, ujar Nizam.

BACA JUGA:Lidi Nipah Desa Simpang Jelita Tanjab Timur Mulai Merambah Pasar Ekspor

BACA JUGA:Tersampaikan Hak Santunan Rawatan dan Penguburan Pejalan Kaki Korban Tabrak Lari Ditalang Gulo Kota Jambi

 

Mengusung tema “Innovate & Collaborate for a Sustainable Future”, pemateri yang hadir pada RekaPreneur di Jambi yakni penerima dana Matching Fund tahun 2022 dari Universitas Jambi, Dr. Guspianto. SKM., MKM; Tim Substansi Kedaireka Prof. Dr. Lilis Nuraida, MSc.; dan Reviewer Matching Fund Kedaireka, Leonas Chatim.

Juga hadir pada RekaPreneur 2023 di Jambi ini adalah Kepala LLDIKTI Wilayah X, diwakilkan oleh Ely Susanti, SE, MM; dan Direktur Utama Bank Jambi/Ketua Forum CSR Prov Jambi, Dr. H. Yunsak El Halcon, SH. M.Si. 

 

Mewakili kantor Gubernur Jambi, Sekretariat Daerah Provinsi Jambi H. Sudirman, SH, MH mengatakan bahwa kehadiran ekosistem Kedaireka menjadi sangat penting untuk meningkatkan kemanfaatan dan relevansi sekaligus menyelaraskan pengembangan IPTEK di perguruan tinggi dengan pemenuhan kebutuhan atau pemecahan permasalahan DUDI dan masyarakat.

BACA JUGA:Sebelum Ditemukan Tak Bernyawa di Pasir Putih, Kakek 85 Tahun 2 Hari Tak Pulang ke Rumah

BACA JUGA:Menteri BUMN Erick Thohir Copot Direktur Penunjang Bisnis Pertamina

 

“Saya mewakili kantor Gubernur Jambi, sangat antusias menyambut hadirnya ekosistem Kedaireka di dunia pendidikan tinggi di Indonesia, utamanya dalam pengembangan IPTEK di provinsi kami. Kini dengan hadirnya RekaPreneur di kampus kami, saya harap dapat mengakselerasi dan meningkatkan minat, tidak hanya insan akademik, tapi juga pihak industri di provinsi kami untuk dapat berpartisipasi dalam ekosistem kolaborasi inovasi yang kelak menciptakan banyak solusi untuk berbagai tantangan di industri dan masyarakat,"ujarnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: