Kawal Hak Pilih, Bawaslu Sarolangun Gelar Apel Patroli

Kawal Hak Pilih, Bawaslu Sarolangun Gelar Apel Patroli

Bawaslu Sarolangun Gelar Apel Patroli-ist/jambi-independent.co.id-

SAROLANGUN, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten SAROLANGUN, menggelar apel patroli pengawasan kawal hak pilih pada Pemilu 2024 mendatang. 

Bertempat di lapangan Bawaslu Kabupaten Sarolangun, puluhan Panwascam dan pengawasan kelurahan dan desa penuhi halaman kantor bawaslu, Senin 27 Februari 2023.

"Tadi kita melakukan apel siaga pengawasan kawal hak pilih, karena kunci pemilihan nanti dari DPT, maka sejak jauh hari kita akan kawal terkait DPT ini," ujar Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Bawaslu Sarolangun, Johan Iswadi.

Kegiatan apel ini berawal dari instruksi RI, bahwa bawaslu wajib melakukan pengawasan seminggu dua kali dengan rentan waktu yang terbilang cukup panjang dari Februari 2023 - Februari 2024.

BACA JUGA:Mau Buka Kunci HP di Konter, 2 Remaja Jambret di Sarolangun Diamankan Polisi

BACA JUGA:Sekcam: Alhamdulillah, PTPN Muluskan Jalan MTQ

"Tujuannya agar semua warga Indonesia yang sudah memasuki usia memilih, mereka dapat menyalurkan hak pilihnya," ucap Johan.

Selain memantau terkait DPT yang belum terdaftar atau tercatat, nantinya tim di lapangan juga memantau calon DPT yang pada Februari 2024 mendatang sudah masuk data pemilih. 

"Misal yang saat ini usianya belum cukup untuk data ktp, kita dorong untuk melakukan perekaman sehingga pada masa pemilihan nanti dan usianya sudah pas tidak kesulitan lagi," ujarnya.

Selain itu, adapun tugas fokus pada patroli nanti yakni memastikan data DPT yang pensiunan ASN dan TNI Polri, serta DPT sebelumnya yang sudah menjadi ASN ataupun TNI Polri serta DPT yang meninggal dunia. 

BACA JUGA:KPU Batanghari Catat Jumlah Pemilih Pemula Capai 5.664 Orang

BACA JUGA:Bandingkan Vonis Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria dengan Richard Eliezer, Pengacara Ungkap Kekecewaan

"Mana yang memiliki hak milih, kita pastikan dapat memilih pada 2024 mendatang," tandasnya. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: