PUI-PT SIFAS LPPM Unja: SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd Sangat Konsen dalam Pengembangan Ekonomi

PUI-PT SIFAS LPPM Unja: SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd Sangat Konsen dalam Pengembangan Ekonomi

SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd Sangat Konsen dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat-Harpandi/jambi-independent.co.id-jambi-independent.co.id

MUARASABAK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Dalam penyerahan bantuan kambing kepada peternakan BUMDes Pujiku Artomoro (Pamor), Desa Terjun Gajah, Kabupaten Tanjab Barat, Provinsi Jambi, 8 Oktober 2022, pihak SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd juga menggandeng pihak PUI-PT SIFAS LPPM Universitas Jambi.

Yang bertugas untuk melakukan pemantauan kesehatan kambing dan juga memberikan edukasi kepada peternak, agar lebih maksimal dalam pengelolaan peternakan tersebut.

Pada kegiatan ini, SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd menyerahkan 35 ekor kambing kepada pihak BUMDes tersebut.

Prof. Dr. Ir. Hj. Adriani, M. Si selaku Ketua PUI-PT SIFAS LPPM Universitas Jambi beserta sejumlah Dosen Fakultas Peternakan lainnya yang turut hadir dalam kegiatan penyerahan bantuan kambing di Desa Terjun Gajah kali ini dalam wawancaranya menyebutkan, biasanya jika ada bantuan peternakan kambing dari pihak PetroChina kepada masyarakat, pihaknya selalu dilibatkan dalam pengawasan dan pemeriksaan kesehatan dari kambing tersebut. 

BACA JUGA:Terbaru..!! 24 Kementerian Buka Formasi CPNS dan PPPK 2023, Terima Lulusan SMA, D3 hingga S1, Cek Info Disini 

BACA JUGA:Siapkan Kado Istimewa Sambut Valentine, Ini 5 Rekomendasi Hadiah Spesial

"Dan itu dananya dari pihak PetroChina, selain itu kami juga sudah lama bermitra dengan pihak PetroChina yang konsen dalam pengembangan ekonomi masyarakat yang ada disekitar wilayah kerja PetroChina," sebutnya.

Adriani juga menuturkan, khusus untuk kegiatan penyerahan 35 ekor kambing untuk peternakan di Desa Terjun Gajah di tengah adanya wabah Penyakit Mata dan Kuku (PMK), hal itu membuat ia dan timnya cukup berhati-hati untuk mengantisipasinya.

Bahkan, guna menjaga kesehatan kambing tersebut, selama diperjalanan seluruh kambing juga diberikan vitamin khusus.

"Sebelum ternak kambing ini datang ke kandang milik BUMDes Pamor Desa Terjun Gajah ini, kandang tersebut sudah kami sterilkan menggunakan kapur. Selain itu, seluruh kambing yang akan didatangkan ke sini, sebelumnya juga sudah dikarantina selama 3 bulan di lokasi awal beli, dan juga ada surat pernyataan jika hewan tersebut sehat sebelum dibawa ke Desa Terjun Gajah ini," tuturnya.

Tidak sampai di situ, pihak PUI-PT SIFAS LPPM Universitas Jambi juga akan rutin melakukan pengawasan terhadap peternakan kambing milik BUMDes Pamor yang disalurkan oleh pihak PetroChina ini. 

BACA JUGA:Cek Harga Pertalite hingga Pertamax Hari Ini 13 Februari 2023, Ini Daftar Harga Harga BBM Seluruh Indonesia 

BACA JUGA:Update Harga BBM: Ada yang Naik Rp1.910/liter, Cek Harga Pertalite-Pertamax di Jambi Per 13 Februari 2023

"Di kampus kami sekarang ada namanya kegiatan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM), jadi mahasiswa itu 4 semester tatap muka dan di semester selanjutnya mereka sudah ada lapangan. Dari situ, mahasiswa akan kita arahkan untuk magang dan melakukan penelitian di peternakan milik BUMDes Pamor ini. Dari dosennya sendiri, biasanya juga ada aktivitas yang namanya penelitian dan pengabdian, yang bisa diarahkan ke peternakan Bumdes ini juga," ucap Adriani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: