Komitmen Pemerintah Kota Jambi Dan PLN Untuk Mendukung UMKM, 'ELSA' Hadir Di Tugu Keris Siginjai

Komitmen Pemerintah Kota Jambi Dan PLN Untuk Mendukung UMKM, 'ELSA' Hadir Di Tugu Keris Siginjai

Walikota bersama GM PLN UID S2JB saat mengedarai mobil listrik--

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Kawasan Tugu Keris Kota Jambi saat ini telah menjadi pusat jajanan dengan menyajikan berbagai macam kuliner khas jambi dan nusantara. Seiring dengan tingginya animo masyarakat terhadap kawasan kuliner dan juga meningkatnya kebutuhan listrik, maka perlu dibentuk satu kawasan khusus untuk masyarakat.

Tahun 2023 ini, PLN yang didukung oleh Pemerintah Kota Jambi mencanangkan satu inovasi untuk membentuk sebuah kawasan sentral kuliner UMKM berbasis gaya hidup electrifying lifestyle, dimana seluruh pedagang tersebut berjualan yang semula menggunakan gas dan genset, menjadi menggunakan peralatan listrik. Apapun usaha mereka telah dikonversi menjadi peralatan listrik,seperti penjual makanan, minuman, permainan, dan lain sebagainya.

Dengan terealisasinya Inovasi tersebut, hari ini, Selasa, 7 Februari 2023, Kawasan Electrifying Lifestyle Area atau yang lebih dikenal dengan ELSA diresmikan oleh Walikota Jambi didampingi oleh Wakil Walikota Jambi dan General Manager PLN UID S2JB yang didampingi oleh SRM KKU beserta Manajer UP3 Jambi.

Martha Adi Nugraha, selaku Manajer UP3 Jambi menyampaikan bahwa pada kawasan ELSA, para pelaku usaha telah beralih dari peralatan konvensional menjadi peralatan listrik, mulai dari gerobak listrik, kompor induksi, canting batik,penggiling tebu, dan peralatan listrik lainnya.

BACA JUGA:Mengenal 5 Fakta Unik Suku Basemah, Suku Asli Sumatera Selatan yang Harus Kamu Tahu

BACA JUGA:Dirut RSUD Mayjen H A Thalib Kota Sungai Penuh Bantah Rumahkan 12 Orang Dokter Spesialis

“Peralatan tersebut merupakan bantuan yang kami berikan melalui Program TJSL PLN dengan total bantuan sebesar Rp 500.000.000,- yang telah diberikan kepada 100an Pedagang di Kawasan ELSA.” Pungkas Adi.

“Untuk mencukupi kebutuhan listrik para pelaku usaha, PLN telah melakukan inovasi dengan membuat Stasiun Pengisian Listrik Umum Mobile (SPKLU-M) yang kita pasang di sekitar kawasan Tugu Keris. Terbukti dengan beralih ke listrik, rata-rata pedagang dapat meningkatkan pendapatan sekitar 21% setiap harinya” Tambahnya.

General Manager UID S2JB, Amris Adnan juga turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Jambi yang telah mendukung untuk mewujudkan inovasi PLN berupa pembentukan Kawasan ELSA yang selaras dengan Program Pemerintah Kota Jambi menuju Smart Green City.

“Penggunaan peralatan listrik dalam kegiatan berdagang ini dinilai memang lebih efisien dibandingkan dengan menggunakan energi fosil. ELSA merupakan komitmen pemerintah melalui PLN untuk mendukung pelaku UMKM.” Ucap Amris.

BACA JUGA:Arti Mimpi Melihat Kucing, Bisa Jadi Menggambarkan Kecemasan

BACA JUGA:Cek Promo Pizza Hut Terbaru di Februari 2023, Ada Combo Spesial

Hal ini sejalan dengan yang dikatakan oleh Aprizal, salah satu penjual minuman es tebu yang beralih menggunakan penggiling listrik pada kawasan ELSA yang mengaku semenjak menggunakan peralatan listrik jauh lebih hemat sehingga keuntungan pun dapat meningkat dua kali lipat dari sebelumnya.

“Kawasan ELSA ini juga telah mencuri perhatian di tingkat nasional sehingga dapat menyabet beberapa penghargaan diantaranya adalah sebagai Juara I pada Ajang Sustainability CID (Community Involved Development) Awards 2022 dan juga beberapa penghargaan di bidang pemasaran tingkat nasional.” Tutur Amris.

Tidak heran sampai saat ini Tugu Keris Siginjai menjadi Primadona Jambi yang telah bertransformasi sebagai Kawasan yang lebih asri serta ramah lingkungan untuk seluruh kalangan masyarakat.

Sebuah kebanggaan kawasan ELSA ini dapat diresmikan oleh Walikota Jambi, Dr. H. Syarif Fasha, S.E., M.E yang menyampaikan bahwa semenjak munculnya SPLU di tahun 2017 lalu, sudah terlihat ke depan bahwa suatu saat nanti kawasan ini akan menjadi kawasan favorit masyarakat dengan gaya hidup electrifying lifestyle.

BACA JUGA:Katalog Promo Alfamart 1 - 15 Februari 2023, Ada Diskon Coklat di Bulan Penuh Cinta

BACA JUGA:Beberapa Hewan ini Disebut Bisa Deteksi Terjadinya Bencana Alam

“Energi Fosil lama kelamaan pasti akan berkurang, maka dari itu penting sekali dari sekarang kita sudah mulai beralih ke energi listrik. Dengan hadirnya ELSA, Kota Jambi sebagai Smart Green City akan semakin terwujud.” Pungkas Fasha.

“Kami berharap, Semoga Kawasan ELSA di Tugu Keris Siginjai ini akan tetap hidup dengan terus memberdayakan UMKM yang ada melalui Paguyuban Tugu Keris Siginjai.” Tuturnya.

Tidak hanya meresmikan Kawasan ELSA, Pemerintah Kota Jambi juga memberikan penghargaan kepada PLN UP3 Jambi sebagai Perusahaan Paling Peduli UMKM Di Kota Jambi Tahun 2022.

Peresmian ELSA ditandai dengan pengguntingan pita dan pembukaan secara resmi kawasan ELSA dan ditutup dengan peninjauan langsung kepada pelaku usaha perdagangan yang ada oleh Walikota Jambi, Wakil Walikota Jambi, Forkopimda Kota Jambi serta General Manager UID S2JB dan segenap jajaran manajemen PLN.

General Manager UID S2JB, Amris Adnan siap untuk selalu mendukung Program Pemkot Jambi apalagi saat ini Jambi merupakan Kota yang akan menuju sebagai Smart Green City di Indonesia.

“Program Smart Green City tentu sejalan dengan Semangat PLN yang terus berupaya untuk mengkampanyekan Electrifying Lifestyle sebagai gaya hidup baru masyarakat nantinya.” Pungkas Amris.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: