Jangan Panik, Longgarkan Pakaian, Ikuti 10 Tips Pertolongan Pertama saat Digigit Ular Berbisa

Jangan Panik, Longgarkan Pakaian, Ikuti 10 Tips Pertolongan Pertama saat Digigit Ular Berbisa

10 cara penanganan saat digigit ular berbisa-Foto : Ilustrasi-Freepik

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Hal pertama yang dilakukan saat digigit ular adalah tidak perlu panik. Hanya saja kondisi kapanikan kerap terjadi saat seseorang digigit oleh ular berbisa.

Betapa tidak, sebab gigitan ular berbisa sangatlah berbahaya. Apalagi jika kita tidak tahu bagaimana mengatasinya untuk pertolongan pertama. Salah salah langkah, bisa membahayakan korban. 

Sebab, gigitan ular tidak hanya bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Bahkan juga kematikan. Maka perlu untuk waspada.

Penanganan yang tepat dan cepat dari gigitan ular sangatlah penting karena dengan penanganan tepat ini, dapat menurunkan angka kematian bahkan hingga lebih dari 90 persen.

BACA JUGA:Sentil ASN, MenPAN RB : Sudah Sejahtera Kok Tinggal Bersyukur atau Tidak

BACA JUGA:Kejari Lakukan Penyidikan Terkait Perkara Dugaan Penyimpangan Dana Baznas Tanjab Timur

Sebab, penyebaran racun ular di dalam tubuh memang sangat cepat. Hanya berkisar 15-30 menit setelah digigit ular berbisa, korban bisa merasakan sakit dan panas seperti terbakar di lokasi gigitan.

Area luka juga bisa mengalami bengkak dan memar. Gejala dapat pula berkembang menjadi sesak napas, mual, lemas, dan timbul rasa aneh di mulut.

Pertolongan pertama pada gigitan ular

Jika Anda digigit ular atau menemukan korban yang mengalami gigitan ular berbisa, segera cari pertolongan medis atau menghubungi nomor darurat.

Pertolongan pertama setelah digigit ular berbisa adalah dengan mencegah penyebaran bisa ular agar tidak meluas.

Selama menunggu bantuan medis tiba, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan dan hindari saat memberikan pertolongan pertama.

1. Minimalisir Gerakan

Mintalah korban untuk tidak banyak bergerak. Ini agar racun tidak menyebar lebih cepat ke seluruh tubuh. Jika memungkinkan, baringkan korban dalam posisi menyamping sambil menunggu bantuan dari tenaga kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id