Daftar 12 Sungai Terpanjang di Sumatera, Nomor 1 Kebanggaan Masyarakat Provinsi Jambi

Daftar 12 Sungai Terpanjang di Sumatera, Nomor 1 Kebanggaan Masyarakat Provinsi Jambi

Sungai Batanghari, yang merupakan kebanggaan Provinsi Jambi. Sungai ini menjadi sungai terpanjang di Sumatera.-ist/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Sungai merupakan salah satu elemen kehidupan terpenting bagi manusia. Sejak zaman dahulu, sungai selalu menjadi pusat peradaban. Wilayah pemukiman manusia, akan selalu mendekat ke aliran sungai.

Selain untuk kebutuhan sehari-hari misalnya minum atau mandi, keberadaan sungai sangat penting untuk jalur transportasi.

Selain untuk jalur transportasi, sungai juga sangat penting sebagai jalur perdagangan. Negara Indonesia sendiri dikenal dengan negara kepulauan. Setiap pulau, dialiri oleh sungai-sungai yang berkelok-kelok.

Termasuk di Pulau Sumatera, yang menyimpan banyak sekali sungai di dalamnya. Masyarakat di sekitarnya pun masih memanfaatkan sungai ini untuk jalur transportasi.

BACA JUGA:Arti Mimpi Bertemu Artis, Bisa Jadi Mengharapkan Cinta yang Tulus

BACA JUGA:Inilah 3 Shio Paling Hoki Tahun 2023, Siap-siap Tajir Melintir!

Lantas, sungai manakah yang terpanjang di Pulau Sumatera? Berikut adalah daftarnya:

1. Sungai Batanghari (800 km)

Sungai Batanghari, merupakan sungai kebanggaan dan menjadi salah satu ikon Provinsi Jambi. Sungai Batanghari memilik panjang 800 kilometer.

Sumber mengatakan, mata air Sungai Batanghari berasal dari Gunung Rasan, yang terletak di Provinsi Sumatera Barat.

Sungai ini mengalir di wilayah tengah pulau Sumatra yang beriklim hutan hujan tropis. Suhu rata-rata setahun sekitar 23 °C. Bulan terpanas adalah April, dengan suhu rata-rata 24 °C, and terdingin Januari, sekitar 22 °C.

Curah hujan rata-rata tahunan adalah 2383 mm. Bulan dengan curah hujan tertinggi adalah Desember, dengan rata-rata 344 mm, dan yang terendah Agustus, rata-rata 90 mm.

Sungai Batanghari juga secara alami membelah Kota Jambi. Kawasan di seberang lebih dikenal masyarakatnya sebagai Seberang Kota Jambi, yang menyimpan banyak cerita perkembangan Islam di Jambi.

Sementara sisi satunya lagi, menjadi pusat perdagangan Kota Jambi saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: