Pengendara Wajib Tahu, Ini 3 Teknik dan Tips Menikung di Jalan Raya

Pengendara Wajib Tahu, Ini 3 Teknik dan Tips Menikung di Jalan Raya

3 Teknik dan Tips Menikung di Jalan Raya -Foto : Honda Sinar Sentosa-

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Tingginya angka kecelakaan sepeda motor di jalan dikarenakan kurangnya kesadaran pengendara akan pentingnya keselamatan saat berkendara. Terutama ketika naik motor, kurangnya pemahaman pada saat menikung atau berbelok menjadi salah satu faktornya. 

Instruktur Safety Riding Honda PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Agung Sanjaya mengatakan karena hal tersebut, pihaknya akan berikan tips dan teknik menikung di jalan raya secara benar dan tepat untuk pengendara sepeda motor.

Ada 3 jenis teknik menikung yaitu Lean In, Lean Out, dan Lean with the Bike. Teknik menikung yang bisa digunakan saat berkendara di jalan raya adalah teknik Lean with the Bike.

Teknik ini dilakukan dengan posisi pengendara dan kendaraan berada pada posisi yang sejajar sehingga lebih aman dan stabil apabila digunakan di jalan raya.

BACA JUGA:Bertabur Cuan, 5 Shio Ini Diprediksi Kaya dan Sukses Tahun 2023

BACA JUGA:Deretan Shio Diprediksi Paling Banyak Rezeki Tahun 2023, Tabungan dan Investasi Membengkak

“Selain memahami teknik menikung, ada juga beberapa hal penting yang harus kita perhatikan pada saat kita akan menikung," ujar Agung.

Berikut tips yang harus diperhatikan pengendara motor pada saat menikung :

1. Turunkan kecepatan

Sebelum memasuki tikungan, turunkan kecepatan dengan cara mengendurkan tuas gas dan lakukan pengereman menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan saat akan memasuki tikungan.

2. Melihat arah yang dituju

Salah satu kunci penting saat menikung adalah menjaga arah pandangan mata, karena pandangan adalah pusat keseimbangan. Secara otomatis akan mempengaruhi arah laju sepeda motor dan pengendara juga bisa melihat serta memprediksi potensi bahaya yang ada didepan.

BACA JUGA:Warga Sukasari Sarolangun Nyaris Bentrok dengan SAD Aur Gading, Ini Penyebabnya

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang Kebakaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: