Ini Alasan Pemerintah Kekeh Ingin Kucurkan Subsidi Kendaraan Listrik

Ini Alasan Pemerintah Kekeh Ingin Kucurkan Subsidi Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian menyebutkan tengah mengambil ancang-ancang untuk meminta izin kepada DPR RI terkait insentif mobil listrik yang dicanangkan pemerintah-Foto: Ridha-JPNN.com

JAKARTA, JAMBI- INDEPENDENT.CO.ID - Pemerintah terus kekeh untuk memberikan subsidi untuk pembelian kendaraan listrik.

Pemerintah akan memberikan insentif sebesar Rp 80 juta untuk pembelian mobil listrik dan Rp 8 juta untuk pembelian motor listrik.

Namun, subsidi diberikan kepada pembeli mobil atau motor listrik dari produsen yang memiliki pabrik di Indonesia.

Kementerian Perindustrian menyebutkan tengah mengambil ancang-ancang untuk meminta izin kepada DPR RI terkait insentif mobil listrik yang dicanangkan pemerintah.

BACA JUGA:Resep Cuko Pempek Asli Palembang, Kental dan Otentik Khas Sumatera Selatan

BACA JUGA:Batik Air Buka Rute Baru Bali-Bangkok Jelang Nataru, Mulai Terbang 20 Desember 2022

"Lagi digodok pemerintah. Ya, nanti pemerintah pasti akan minta izin ke DPR," kata Menperin Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, di Jakarta, Senin 19 desember 2022 seperti dikutip dari JPNN.com

Menurut Agus, besaran insentif yang akan diajukan yakni sejumlah Rp 80 juta rupiah per unit mobil listrik, sebagaimana yang disampaikan sebelumnya.

"Ini semua masih kita masih apa namanya, kita bahas mengenai angkanya untuk fiskal. Tetapi kira-kira segitu insentifnya," kata Menperin.

“Jumlah dari subsidinya ini akan kami hitung, tapi kira-kira untuk pembelian mobil listrik akan diberikan insentif sebesar Rp 80 juta, untuk pembelian mobil listrik berbasis hybrid akan diberikan insentif Rp 40 juta,” kata Agus.

BACA JUGA:Rupanya, Pj Bupati Tebo Aspan yang Ditegur Kemendagri

BACA JUGA:ESDM Kenalkan Pengganti BBM, Gas Buang 0 Persen dan Lebih Murah

Pemerintah sekarang sedang dalam tahap finalisasi menghitung untuk memberikan insentif terhadap pembelian mobil dan motor listrik. Insentif akan diberikan kepada pembeli yg membeli mobil atau motor listrik yang mempunyai pabrik di di Indonesia,” kata dia.

Menurut Agus, pemberian insentif untuk pembelian kendaraan listrik sangat penting untuk menumbuhkan ekosistem kendaraan listrik.

Indonesia telah belajar dari negara-negara negara-negara yang memiliki ekosistem kendaraan listrik dengan progres yang baik  *




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com