Penyerahan DIPA 2023 dan Penandatanganan Pakta Integritas ke Seluruh Satuan Kerja Lingkup KPPN Kuala Tungkal

Penyerahan DIPA 2023 dan Penandatanganan Pakta Integritas ke Seluruh Satuan Kerja Lingkup KPPN Kuala Tungkal

Penyerahan DIPA 2023 dan Penandatanganan Pakta Integritas ke Seluruh Satuan Kerja Lingkup KPPN Kuala Tungkal-ist/jambi-independent.co.id-

KUALATUNGKAL, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kuala Tungkal melaksanakan kegiatan Penyerahan DIPA Tahun Anggaran 2023 kepada 50 Satuan Kerja Kementerian/Lembaga yang berada di wilayah Kabupaten Tanjab Barat dan Kabupaten Tanjab Timur.

Kegiatan penyerahan DIPA Tahun Anggaran 2023 dilaksanakan sebagai bentuk seremonial untuk dapat melaksanakan kegiatan di tahun 2023, Kamis 8 Desember 2022.

Dalam sambutannya, Kepala KPPN Kuala Tungkal Zamrud Utami menyampaikan bahwa tema APBN Tahun Anggaran 2023 adalah “APBN 2023 sebagai Instrument untuk Menjaga Optimisme Perekonomian Nasional dengan Kewaspadaan dalam Menghadapi Risiko Global”.

Tema tersebut dilatarbelakangi adanyanya Pandemi Covid-19 yang memberikan tekanan yang luar biasa besar terhadap struktur sosial ekonomi nasional, ditambah lagi dengan konflik geopolitik yang terjadi yang membuat ketidakpastian ekonomi global.

Dalam hal ini APBN berfungsi sebagai Shock Absorber untuk menjaga keberlangsungan Supply Side dan Demand Side sehingga perekonomian tetap berjalan.

"Total APBN tahun 2023 yang disalurkan pada wilayah pembayaran KPPN Kuala Tungkal sebesar Rp1.950,95 Miliar yang terdiri dari DAU, DAK Fisik/Non Fisik dan Dana Desa untuk Kabupaten Tanjab Barat sebesar Rp769,88 miliar dan Kabupaten Tanjab Timur sebesar Rp842,19 miliar, serta alokasi belanja negara untuk Satuan Kerja Kementerian/Lembaga sebesar Rp338,87 milyar untuk 49 satuan kerja dari 12 kementerian/Lembaga," ujar Kepala KPPN Kualatungkal, Zamrud Utami.

Kepala KPPN Kuala Tungkal juga menyampaikan, langkah-langkah strategis pelaksanaan anggaran tahun 2023, di antaranya perbaikan perencanaan, mempecepat pelaksanaan program/kegiatan/pengadaan barang dan jasa, meningkatkan ketepatan penyaluran kegiatan yang melibatkan masyarakat luas, dan meningkatkan kualitas belanja melalui peningkatan efisiensi dan efektifitas belanja (value for money) dengan terus menjaga Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) serta memaksimalkan transaksi non tunai dengan menggunakan Kartu Kredit Pemerintah, DigiPay, Virtual Account dan Cash Management System (CMS) dengan memprioritaskan sektor UMKM setempat.

Selain itu, dalam rangka memeringati Hakordia 2022 (Hari Antrikorupsi Sedunia) yang diperingati setiap 9 Desember 2022; pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan pakta integritas yang melibatkan seluruh pimpinan Satker.  

"Penandatanganan Pakta Integritas dilakukan dalam momen yang tepat dengan Hari Antikorupsi Sedunia, sehingga diharapkan semangat integritas untuk mewujudkan zona integritas Wilayah Bebas dari Korups, dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani menjadi semakin kuat. Kita juga sama-sama berharap melalui kegiatan ini dapat berdampak pada penurunan indeks persepsi korupsi di Indonesia," kata Zamrud Utami.

Selanjutnya, sebagai bahan evaluasi untuk pelaksanaan anggaran di tahun 2023 serta untuk memberikan apresiasi terhadap Kinerja Satuan Kerja di tahun 2022, KPPN Kuala Tungkal memberikan penghargaan berupa “TANGGUH Awards” kepada Satuan Kerja dengan kinerja pelaksanaan anggaran terbaik, yakni: Terbaik III dari Pengadilan Agama Muara Sabak, Terbaik II dari Polres Tanjung Jabung Barat, Terbaik I dari Kantor Imigrasi Kelas II TPI Kuala Tungkal dalam kegiatan tersebut, selain Kepala Satuan Kerja, turut serta hadir pimpinan Bank lingkup Kuala Tungkal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: