8 Negara Tanpa Malam Hari di Dunia, Ini Penyebabnya

8 Negara Tanpa Malam Hari di Dunia, Ini Penyebabnya

8 Negara Tanpa Malam Hari di Dunia, Ini Penyebabnya --

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Di dunia ternyata ada negara tanpa malam hari? Fenomena unik ini disebut juga dengan midnight sun atau matahari tengah malam, dan merupakan hal yang lazim terjadi.

Seperti diketahui, bumi terus berotasi dan berevolusi mengelilingi matahari pada porosnya dengan kemiringan sekitar 23o. Salah satu akibat dari rotasi dan revolusi bumi adalah terjadinya siang dan malam.

Selain itu, selama berevolusi, periode siang dan malam di bumi berbeda-beda. Tidak semua bagian bumi mengalami siang dan malam dengan durasi yang sama. Bagian bumi sebelah utara merupakan bagian bumi yang mengalami midnight sun.

Negara yang tidak mempunyai malam hari bukanlah tanpa sebab. Alasan utama matahari tidak tenggelam adalah karena pengaruh rotasi dan revolusi bumi.

Fenomena ini terjadi pada saat puncak musim panas. Di musim ini, sebagian negara di utara bumi jadi tidak mengalami malam hari. Fenomena midnight sun inilah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

BACA JUGA:Ini Lokasi dan Sejarah 3 Masjid Peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam di Sumatera Selatan

BACA JUGA:85 Narapidana di Jambi Diusulkan Dapat Remisi Perayaan Natal Tahun 2022, 1 Orang Langsung Bebas

Ada 8 negara yang mempunyai kota dengan fenomena midnight sun , mengutip Padek.jawapos.com:

1. Kanada

Tidak hanya Alaska, Kanada juga termasuk salah satu negara bagian Amerika yang mempunyai fenomena midnight sun. Namun tidak semua kota yang ada di Kanada mengalaminya, kota tanpa malam hari di Kanada adalah Kota Yukon.

Yukon merupakan kota paling utara yang ada di Kanada. Biasanya kota ini tidak mempunyai malam hari di bulan Juni sampai Agustus.

Kamu yang ingin menikmati midnight sun di Kanada, jangan lupa untuk mengunjungi Danau Emerald yang ada di Yukon. Tempat ini merupakan salah satu tempat terpopuler di Kanada. Kamu bisa menikmati keindahan alam yang menakjubkan dan berfoto dengan latar belakang danau hijau kebiruan.

2. Alaska

Alaska merupakan negara tanpa siang hari yang wajib kamu kunjungi. Negara bagian Amerika Serikat ini akan mengalami midnight sun selama kurang lebih 90 hari mulai dari bulan Mei sampai Juli. Bulan ini merupakan puncak musim panas di Amerika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: