Lion Air Ungkap Penyebab Pesawat Tujuan Jambi Jakarta Putar Balik : Adanya Komponen yang Harus Dicek Ulang

Lion Air Ungkap Penyebab Pesawat Tujuan Jambi Jakarta Putar Balik : Adanya Komponen yang Harus Dicek Ulang

Lion Air Ungkap Penyebab Pesawat Tujuan Jambi Jakarta Putar Balik -Foto : Ilustrasi-Lion Air

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Lion Air akhirnya memberikan penjelasan mengenai pesawat JT-601 tujuan Jambi Jakarta yang harus putar balik pada  Minggu 4 Desember 2022.

Disampaikan Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro bahwa pesawat harus putar balik karena adanya indikator pada kokpit yang menunjukkan salah satu komponen pada pesawat harus dilakukan pengecekan kembali.

"Untuk memastikan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, pilot memutuskan kembali ke apron (Return to Apron)," ujarnya.

Dijelaskan Danang bahwa Lion Air menjalankan penerbangan menurut standar operasional prosedur (SOP) dan pedoman protokol kesehatan.

BACA JUGA:Hati-hati, Jalan Birun-Kerinci Kembali Longsor

BACA JUGA:EGM Sultan Thaha Sebut Tak Ada Penumpang Terlantar : Lion Air Sudah Beri Kompensasi


Lion Air penerbangan JT-601 rute Bandar Udara Sultan Thaha Jambi (DJB) tujuan Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK) dipersiapkan dengan jenis pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LJY. 

 

"Teknisi dan pilot sudah melakukan pemeriksaan pada pesawat sebelum  keberangkatan (preflight check), hasilnya pesawat aman untuk dioperasikan (airworthy for flight)," jelasnya.

 

Dijelaskan Danang bahwa setelah rangkaian pekerjaan di darat dipersiapkan, sebanyak 152 penumpang  dan kargo mulai masuk 

ke pesawat udara. Proses penanganan penumpang dan kargo selesai, pesawat siap diberangkatkan Lion Air.

BACA JUGA:Jalan Rusak di Kabupaten Batanghari Selesai Diperbaiki, Ini Penjelasan BPJN Wilayah IV

BACA JUGA:Gunung Semeru Erupsi, Keluarkan Awan Panas Guguran Sejauh 7 KM, Kini Berstatus Siaga

penerbangan JT-601 dijadwalkan pukul 06.00 WIB dan perkiraan mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pukul 07.20 WIB.

 

Pesawat didorong mundur (pushback) untuk bersiap menuju landas hubung (taxiway). Posisi pesawat masih berada di landas parkir (apron) atau posisi belum mengudara. Pilot tetap menjalankan sesuai ketentuan operasional. 

 

"Pesawat mulai bergerak, tiba-tiba ada salah satu indikator pada kokpit yang menunjukkan salah satu komponen pada pesawat harus dilakukan pengecekan kembali," bebernya.

 

Untuk memastikan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, pilot memutuskan kembali ke apron (Return to Apron). 

BACA JUGA:Dugaan Kasus Pelecehan di RSUD Raden Mattaher Jambi, Ini Perintah Gubernur Jambi Al Haris

BACA JUGA:Jalan Sridadi Dibuka Lagi untuk Batu Bara, Kapoda Jambi Minta Angkutan Ikuti Aturan

 

"Pilot dan teknisi melakukan pemeriksaan yang membutuhkan waktu lebih lama.

Dalam upaya memberikan rasa kenyamanan, seluruh tamu diarahkan kembali menuju ruang tunggu guna mendapatkan informasi dan pelayanan. Lion Air menginformasikan kepada penumpang sesuai perkembangan,"jelasnya.

 

Akhirnya, Lion Air memutuskan untuk melakukan pergantian pesawat guna memastikan keselamatan penerbangan dan mengirim pesawat pengganti dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

Lion Air sudah memberangkatkan penerbangan JT-601 menggunakan pesawat yang lain, yaitu Boeing 737- 900ER registrasi PK-LQS,"jelasnya.

BACA JUGA:Cinta Pengkhianat

BACA JUGA:Jenazah Security DPRD yang Tenggelam di Dendang, Ditemukan Mengapung di Kualajambi, Kabupaten Tanjab Timur

 

Akhirnya pesawat lepas landas pukul 11.45 WIB dan telah mendarat di Bandar Udara  Internasional Soekarno-Hatta pukul 12.50 WIB.

 

"Lion Air menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul, penerbangan JT-601 mengalami keterlambatan keberangkatan," ujarnya. *

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: