Sebagai Penghubung Tol Kapal Betung Menuju Jambi, Ini Jembatan Terpanjang di Indonesia

Sebagai Penghubung Tol Kapal Betung Menuju Jambi, Ini Jembatan Terpanjang di Indonesia

Jembatan Ogan yang menjadi titik penghubung pada ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) menuju Jambi digadang-gadang merupakan jembatan tol terpanjang di Indonesia-Tangkapan layar-IG/@anaksungai.tv-

PALEMBANG, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Anda tahu jembatan terpanjang di Indonesia? Ternyata jembatan inikah yabg digadang gadangkan akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia.

Adalah Jembatan Ogan yang menjadi titik penghubung pada ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) menuju Jambi digadang-gadang merupakan jembatan tol terpanjang di Indonesia.

Dikutip dari binamarga.pu.go.id, jalan tol yang dikelola oleh PT Waskita Sriwijaya Tol dibangun dalam dua tahap.

Tahap pertama terbentang dari Kayu Agung hingga SS Kramasan sepanjang 42,5 Km yang sudah dioperasikan pada bulan April 2020 dan Januari 2021.

Sekretaris BPJT Triono Junoasmono mengatakan, untuk tahap kedua SS Kramasan - Betung saat ini masih dalam tahap penyelesaian konstruksi dengan progres sebesar 22% dan akan ditargetkan beroperasi pada tahun 2023.

 

“Keberadaan Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung, selain menghemat waktu perjalanan pengguna jalan tol juga diharapkan dapat meningkatkan ekonomi wilayah, tidak hanya untuk pengguna jalan tol melainkan masyarakat sekitar wilayah daerah yang diharapkan dapat merasakan peningkatan ekonomi wilayah dengan kehadiran jalan tol ini,"ujar Sekretaris BPJT Triono Junoasmono.

 

Jembatan sepanjang 1,6 Km ini dibangun menggunakan produk-produk lokal asli Indonesia, dengan lebar bentang utama 385 meter, clearance horizontal 185 meter dan clearance vertikal 16,5 meter.

BACA JUGA:Jalan Tol Jambi-Betung Bakal Dibangun, Tapi Tahu Nggak Arti Singkatan Jalan Tol

BACA JUGA:Sebelum Tol Jambi-Betung Selesai, Pahami Dulu Tips Aman dan Nyaman Mengemudi di Jalan Tol

 

Jembatan ini berada di KM 364 yang menghubungkan antara Desa Rasau dengan Desa Harapan Kecamatan Pamulutan Kabupaten Ogan Ilir yang dapat memicu geliat ekonomi warga. 

 

Hal itu dikarenakan, dengan adanya tol ini akan mempersingkat waktu yang sebelumnya 90 menit menjadi 30 menit sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga setempat. 

 

Menariknya, jembatan yang diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo tersebut dihiasi dengan Ornamen Songket Palembang di sepanjang parapetnya. 

 

Selain itu, disekitar jembatan juga dibangun Replika Candi Muara Takus yang melambangkan situs sejarah Kerajaan Sriwijaya.

BACA JUGA:Jalan Alternatif Simpang Karmeo-Kilangan Kabupaten Batanghari, Pangdam II/Sriwijaya: Bukan untuk Batu Bara

BACA JUGA:Segini Dana yang Digelontorkan untuk Jalan Alternatif Simpang Karmeo-Kilangan Kabupaten Batanghari

 

Kehadiran Jalan tol dengan nilai investasi sebesar 22,17 T juga terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti Kawasan Industri, Pariwisata, Bandara, dan Pelabuhan akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

 

Tol Kapal Betung ini diyakini akan memberikan kontribusi mengurai kepadatan lalu lintas yang selama ini terjadi. (Sri Devi/palpres.com)

 

Artikel ini juga tayang di palpres.com

 

Sumber: palpres.com