Para Pemula Simak Nih, 4 Manfaat Rutin Memanaskan Mesin Mobil

Para Pemula Simak Nih, 4 Manfaat Rutin Memanaskan Mesin Mobil

Ilustrasi mesin mobil-Pixabay -Pixabay.com

Tangki bahan bakar akan lebih mudah berkarat karena mobil yang tidak lama bergerak. Hal ini karena kondisi tangki yang penuh dengan udara dan terjebak di dalamnya.

Bakteri karat dikhawatirkan dapat merambat ke pelampung yang mengacaukan indikator pembacaan bahan bakar. Apalagi jika tangki dalam keadaan kosong, tentu karat akan semakin menjamur karena bahan bakar yang tidak bersirkulasi. 

Sebab itu, karat pada tangki dapat dicegah dengan memanaskan mobil dengan rutin. Bawalah mobil berkeliling sejenak dan isi bahan bakar agar kondisinya tidak kosong.

3. Menjaga sirkulasi oli mobil agar tidak mengendap

Pelumasan sangat penting dalam mesin. Mesin membutuhkan pelumasan agar komponen di dalamnya dapat bergerak dengan baik.

BACA JUGA:Mohon Perlindungan, Baca Doa Ini saat Terjadi Bencana Gempa Bumi 

BACA JUGA:Demam Piala Dunia di Jambi, Polda Jambi Minta Warga Tetap Jaga Prokes

Mobil yang jarang bergerak bisa menimbulkan endapan oli di dalam mesin. Hal ini karena tidak adanya tekanan dari pompa sehingga oli tidak tersirkulasi. 

Lebih buruk lagi, endapan oli bisa membuat mesin tersumbat bahkan merusak komponen di dalamnya. Karena itu, panaskan mobil dengan rutin dan teratur. 

4. Mencegah aki tekor

Yang terakhir dan tak kalah penting, yaitu menjaga kondisi aki tetap prima dan tidak soak. Seringkali menemui mobil yang jarang dipanaskan, alhasil kondisi akinya soak.

Aki akan tetap terjaga apabila kondisi tegangan dan voltase listrik normal. Karena itu, mobil yang rutin dipanaskan dan berjalan akan menjaga arus listrik di dalam aki sehingga tetap awet.*

Artikel ini juga tayang di Disway.id, dengan judul Pemula Mesti Tahu, 4 Manfaat Memanaskan Mobil dengan Rutin

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id