Ini Penampakan Uang Palsu Rp 2,3 Miliar yang Diedarkan Pelatih Bulu Tangkis

Ini Penampakan Uang Palsu Rp 2,3 Miliar yang Diedarkan Pelatih Bulu Tangkis

Polisi menunjukkan barang bukti dalam kasus pengungkapan uang palsu di mako Polres Garut, Jawa Barat, Minggu 20 November 2022 -Foto: Feri Purnama/Antara-

GARUT, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Polisi berhasil meringkus dan membongkar sindikat pengedar uang palsu.

Ternyata, pelaku pengedar uang palsu dengan jumlah mencapai Rp 2,3 miliar adalah pelatih bulu tangkis berinisial A (47).

Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengungkapkan terbongkarnya sindikat ini berawal dari laporan masyarakat mengenai adanya uang palsu di wilayah Kecamatan Karangpawitan.

Akhirnya, jajaran Polres Garut berhasil mengungkap sindikat pembuatan uang palsu mata uang rupiah dan asing di daerah tersebut.

BACA JUGA:Jangan Ketinggalan, Jadwal Siaran Langsung Piala Dunia 2022 Malam Ini: Inggris vs Iran dan Senegal vs Belanda

BACA JUGA:Wow...Hampir Tiga Juta Tiket Piala Dunia Qatar Terjual, FIFA : Luar Biasa Pasca Badai Pandemi


Laporan tersebut ditindaklanjuti dengan penyelidikan hingga akhirnya polisi berhasil mengidentifikasi pelaku A yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka.

Selain A, polisi juga menangkap pelaku lainnya berinisial D (50) yang merupakan seorang pekerja sablon di Bandung.

"Dari tersangka A digeledah ada barang bukti satu kotak besar terdapat sejumlah uang seratusan ribu 23 bundel dan menyita senjata tajam seperti keris," ungkap AKBP Wirdhanto Hadicakson, Minggu 20 November 2022.

A yang sehari-harinya menjadi pelatih bulu tangkis itu mengaku mendapatkan uang palsu sebanyak itu dari pekerja sablon di Bandung berinisial D.

BACA JUGA:Gubernur Jambi Serahkan Anugerah Kebudayaan, untuk Dedikasi dan Karya Sakti Alam Watir

BACA JUGA:Jalan Alternatif Simpang Karmeo-Kilangan Kabupaten Batanghari, Pangdam II/Sriwijaya: Bukan untuk Batu Bara


Polisi langsung bergerak menangkap D dan menyita sejumlah barang bukti, seperti peralatan sablon, mesin cetak, kepingan logam kuningan, dan bahan baku lainnya untuk pembuatan uang palsu seperti dikutip dari JPNN.com

Tersangka juga membuat pita kertas bertuliskan nilai angka uang untuk membundel uang palsu rupiah maupun mata uang asing, seperti Kanada dan Australia.

"Tidak hanya uang rupiah, tapi membuat tali pita untuk bundelan uang dan juga uang negara lain, Kanada, Australia, dan pita beberapa bank yang ada di Indonesia," bebernya.

Dari pemeriksaan, tersangka mengaku sudah menjalankan aksinya selama satu tahun dan diduga uang tersebut untuk penipuan modus penggandaan uang.

BACA JUGA:Segini Dana yang Digelontorkan untuk Jalan Alternatif Simpang Karmeo-Kilangan Kabupaten Batanghari

BACA JUGA:Pencari Kerja Merapat, Dana Indonesia Buka Lowongan Kerja untuk 5 Posisi Ini

Perwira menengah Polri itu mengatakan jajarannya juga masih mendalami sejauh mana uang tersebut dipergunakan oleh tersangka.

Namun dugaan sementara, uang palsu tersebut dibuat jika ada pesanan dan sasarannya kemungkinan tempat penukaran uang asing.

"Kasusnya masih kita dalami, sementara (pembuatan) masih dalam negeri," tegasnya.

Dia menyebutkan uang palsu yang sudah dibundel tersangka jumlahnya cukup banyak dan jika diasumsikan uang asli nilainya Rp 2,3 miliar.

BACA JUGA:Amalkan Doa Ini saat Bercermin, Insya Allah Wajah Bercahaya

BACA JUGA:Kumpulan Pengabdi

Sementara itu, jika ditotalkan dengan uang palsu lainnya dan juga mesin peralatan bisa nilainya lebih dari Rp 3 miliar.

Wirdhanto menambahkan kedua tersangka kini ditahan di Polres Garut untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Keduanya dijerat Pasal 244 dan atau Pasal 245 KUHP jo Pasal 26 ayat 3 UU Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang dengan ancaman hukuman penjara seumur hidup dan denda Rp 100 miliar.

"Bagi siapa saja yang membuat mata uang atau mengedarkan rupiah palsu, meniru uang kertas negara dengan maksud mengedarkan merupakan pelanggaran dengan ancaman pidana seumur hidup dan denda Rp 100 miliar," pungkasnya. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com