Kepala BNPT Sebut Pencak Silat Bisa Menangkal Radikalisme

Kepala BNPT Sebut Pencak Silat Bisa Menangkal Radikalisme

Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar menghadiri perayaan Milad ke-27 Pencak Silat Pusaka Cimade Banten Indonesia (PCBI) di Serang-Foto: Dokumentasi BNPT-

SERANG, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID  - Pencak Silat sudah menjadi budaya Indonesia.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar mengatakan bahwa pencak silat merupakan  warisan budaya Indonesia yang harus terus dilestarikan.

Hal ini diungkapkannya pada saat  merayakan milad ke-27 Pencak Silat Pusaka Cimade Banten Indonesia (PCBI) pada Kamis malam 10 November 2022 di Serang.

Dalam kesempatan tersebut, Boy Rafli mengaku sangat bangga dalam upaya pelestarian, pengembangan, dan penguatan pencak silat.

BACA JUGA:Kisah Inspiratif Persahabatan James dan Kucing, Berhasil Berhenti Narkoba hingga Menjadi Kaya

BACA JUGA:Polisi Tutup Paksa Tambang Batu Bara Ilegal

"Pencak silat ini merupakan sebagai warisan budaya bernilai tinggi," ujar Boy Rafli Amar di Serang seperti dikutip dari JPNN.com

Dia berpendapat tujuan dari pencak silat untuk meraih sesuatu kebaikan, maka, tidak heran para pendekar dikenal dengan sikap rendah hati dan bijaksana.

"Berakar dari budaya Indonesia yang saling menghormati serta menghargai, makanya, pencak silat bisa mencegah paham intoleransi, radikalisme, dan terorisme," katanya.

Dia mengatakan pencak silat bukan hanya sekadar seni bela diri semata, tetapi, penuh dengan filosofi serta nilai-nilai budaya Indonesia.

BACA JUGA:Gegara Diboikot Luna Maya, Selebgram Denise Chariesta Sindir Penyebab Reino Barack Lebih Pilih Syahrini

BACA JUGA:Putin Tak Akan Ikuti KTT G20, Baik Hadir Secara Langsung maupun Daring

"Selain itu, pencak silat dapat mengasah kombinasi kekuatan fisik dan mental," katanya.

Komjen Boy Rafli mengajak kepada para perguruan pencak silat untuk aktif mengisi ruang digital dengan petunjuk serta nilai-nilai yang terkandung dalam seni bela diri ini.

Aktif dalam ruang digital salah satu tujuannya agar generasi muda makin mengenal pencak silat serta ikut mengembangkan," ujar dia.

Ketua Umum PCBI Rambun Sumardi menambahkan pihaknya akan selalu berupaya melestarikan pencak silat sebagai nilai-nilai budaya bangsa Indonesia.

BACA JUGA:Selamat Hari Ayah Nasional! Ini Rekomendasi Link Download Twibbon dan Cara Pasangnya

BACA JUGA:Hingga November, Serapan APBD Tebo Baru Capai 66 Persen, Ini Penyebabnya

"Pencak Silat adalah kekayaan budaya bangsa, jati diri Indonesia. Maka dari itu, semua wajib melestarikan," kata Rambun Sumardi. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com