Provinsi Jambi Punya 7.983 Hektare Hutan Adat, Terbanyak di Kabupaten Kerinci

Provinsi Jambi Punya 7.983 Hektare Hutan Adat, Terbanyak di Kabupaten Kerinci

Provinsi Jambi Punya 7.983 Hektare Hutan Adat, Terbanyak di Kabupaten Kerinci--

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID- Dari catatan Dinas Kehutanan Provinsi JAMBI, saat ini ada sebanyak 29 kawasan hutan adat yang ada di Provinsi JAMBI. Luas total dari 29 kawasan hutan adat tersebut mencapai 7.983,50 hektare.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi Ahmad Bestari melalui Kabid Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat Hutan Ada Dinas Kehutanan Provinsi Jambi Bambang Yunisma menyebutkan delapan kawasan tersebut tersebar di beberapa kabupaten.

"Benar, 29 kawasan hutan adat tersebut berada di empat kabupaten yakni terbanyak iti di Kerinci, Merangin, Sarolangun dan Kabupaten Bungo," katanya pada Senin, 31 Oktober 2022.

Kabupaten Kerinci memiliki 3.741 hektare kawasan hutan lindung yang terbagi dalam 12 unit kawasan. Sementara itu, Kabupaten Bungo memiliki 1.733 hektare, Merangin 1.114 hektare dan 1.395 hektare.

BACA JUGA:Isu Duet Ganjar Pranowo dengan Ridwan Kamil Mencuat, Ini Respon PDIP

BACA JUGA:Korban Tewas Perayaan Halloween di Itaewon Menjadi 154 Orang, 24 Warga Asing dari 14 Negara

"Prosesnya tidak mudah untuk mengajukan kawasan hutan adat ini, syaratnya yang mengajukan memang harus terverfikasi sebagai masyarakat hukum adat yang dibuktikan dengan Perda, proses pengajuannya langsung ke Kementerian KLHK," tambahnya.

Kawasan yang diajukan masyarakat ini tidak selalu kawasan hutan, namun ada juga kawasan HPL. Dinas Kehutanan Provinsi Jambi selanjutnya bertugas mengawasi jika kawasan hutan adat ini telah disetujui Kementrian KLHK.

"Kita apresiasi komitmen dari masyarakat adat ini, karena memang dari 29 kawasan hutan adat ini semua masyarakatnya komitmen untuk terus melestarikan kawasan hutan di Provinsi Jambi," tutupnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: