Jelajahi Kota Jambi Hanya dari Genggaman Tangan Lewat Aplikasi Siginjai

Jelajahi Kota Jambi Hanya dari Genggaman Tangan Lewat Aplikasi Siginjai

Jelajahi Kota Jambi Hanya dari Genggaman Tangan Lewat Aplikasi Siginjai -Ist/jambi-independent -

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pemerintah Kota Jambi kembali meluncurkan aplikasi layanan publik bagi masyarakat berbasis digital. Adalah Aplikasi "Siginjai", merupakan akronim dari Sistem Informasi Digitalisasi dan Jelajah Virtual Kota Jambi

Siginjai mengambil konsep digitalisasi berbagai informasi dan lokasi layanan publik. Melalui aplikasi SIGINJAI, kemudahan dalam memperoleh akses informasi yang berkualitas, terpercaya, serta uptodate, dari mana saja dan kapan saja, terkait informasi pariwisata, fasilitas publik, layanan publik yang ada di Kota Jambi, hanya dalam genggaman tangan. 

Selain itu, inovasi ini akan menyuguhkan pengalaman berwisata secara virtual, tanpa harus hadir secara langsung dilokasi tersebut, karena aplikasi ini mengambil konsep digitalisasi informasi dan visualisasi secara virtual

"Aplikasi Siginjai adalah sebuah inovasi kota pintar atau smart city Kota Jambi untuk memberikan layanan informasi digital bagi masyarakat. Hadirnya aplikasi ini akan sangat bermanfaat karena konsep jelajah virtual hanya dari genggaman tangan, semua informasi layanan publik Kota Jambi dapat diakses dan didapatkan dengan mudah oleh masyarakat, wisatawan, maupun calon wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Jambi," ujar Abu Bakar, Kadiskominfo Kota Jambi.

BACA JUGA:Irjen Teddy Batal Diperiksa Penyidik karena Sakit 

BACA JUGA:Terungkap! Saat di Magelang, Putri Candrawathi Panggil Brigadir J ke Kamar, Lalu Minta Ini

Aplikasi Siginjai sendiri telah diluncurkan secara resmi penggunaannya kepada masyarakat, oleh Wakil Wali Kota Jambi Maulana, beberapa waktu lalu. Lebih lanjut, Abu Bakar jelaskan bahwa Siginjai merupakan sistem aplikasi berbasis mobile, sehingga dapat diunduh melalui ponsel pintar masyarakat.

"Siginjai berbasis mobile, sehingga bisa diunduh di ponsel, baik berbasis android melalui playstore, maupun IOS di appstore. Tidak hanya itu, aplikasi ini telah terintegrasi ke portal aplikasi SIKOJA, jadi dengan mengunduh SIKOJA, masyrakat secara otomatis dapat aplikasi SIGINJAI dan aplikasi lainnya milik Kota Jambi," jelas Kadiskominfo Kota Jambi itu.

Abu juga paparkan bahwa aplikasi “SIGINJAI” merupakan sebuah sistem aplikasi yang bertujuan untuk mengoptimalisasi pengelolaan informasi dan komunikasi publik Pemerintah Kota Jambi. Melalui “Siginjai”, diharapkan akan adanya peningkatan capaian sasaran pembangunan dan pemerintahan di Kota Jambi. 

Terlebih, Kota Jambi memiliki target pencapaian pertumbuhan ekonomi, dan rekonstruksi sosial ekonomi masyarakat melalui ekonomi inklusif dan kebangkitan wisata pasca wabah pandemi Covid-19 yang mendera seluruh dunia, tidak terkecuali di Kota Jambi.

BACA JUGA:Kenalkan, Aplikasi Simpang Bara dari Polda Jambi 

BACA JUGA:Solusi Angkutan Batu Bara Hanya Dua, Sabak dan Ruas Jalan

"Melalui aplikasi ini, kita ingin meningkatkan daya ungkit wisata di Kota Jambi, agar cepat pulih dan meningkatkan ekonomi di Kota Jambi. Kita berharap target peningkatan angka kunjungan wisatawan meningkat, karena ada promosi wisata yang tersedia melalui aplikasi ini, khususnya bagi calon wisatawan luar Jambi," kata dia.

Abu juga berharap indeks kualitas layanan informasi dan komunikasi publik Pemerintah Kota Jambi dalam mendukung pencapaian target pembangunan daerah segera tercapai, serta meningkatkan nilai tambah (value added) bagi peningkatan ekonomi, juga dalam upaya peningkatan opini/citra positif Pemerintah Kota Jambi kepada masyarakat dan stakeholder, serta makin mengokohkan kapasitas Pemerintah Kota Jambi sebagai daerah dengan implementasi smart city terbaik di Indonesia, yang mampu menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan dengan berbagai solusi cerdas dan inovatif.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: