Zulhas Klaim Berhasil Turunkan Harga Pangan Jelang 100 Hari Menjabat

Zulhas Klaim Berhasil Turunkan Harga Pangan Jelang 100 Hari Menjabat

Zulhas klaim berhasil menurunkan harga pangan-Foto/dok: M Fathra Nazrul Islam-JPNN.com

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID  - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengklaim dirinya berhasil menurunkan harga pangan selama menjabat sebagai Menteri Perdagangan.

Hal ini dinyatakan Zulhas menjelang 100 hari jabatannya sebagai Menteri Perdagangan.

Dalam bidang perdagangan dalam negeri, Mendag Zulhas mengklain berhasil menjaga stabilitas harga minyak goreng curah yang sebelumnya bergejolak sebesar Rp 16.400 per liter kini menjadi stabil sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp 14 ribu per liter dan tersedia di 34 provinsi.

“Alhamdulillah, dalam waktu dua minggu saya bertugas, harga minyak goreng kemasan sederhana mulai turun sesuai dengan HET," ujar Mendag, Senin 26 September 2022.

BACA JUGA:Ratusan Petani Jambi Gelar Aksi Unjuk Rasa, Ini Tuntutannya

BACA JUGA:Meriah, Gubernur Jambi Al Haris Tutup Festival Batanghari 2022

Menurutnya, sejak memulai kinerjanya pada 15 Juni 2022 dalam 100 hari, pasokan barang kebutuhan pokok aman dengan harga yang stabil sehingga masyarakat lebih tenang dan sejahtera.

Kemudian, mandat meningkatkan dan memperluas pasar ekspor juga berhasil dijalankan dengan baik sehingga mencatat surplus kinerja neraca perdagangan seperti dikutip dari JPNN.com

Selain itu, pada 21 September 2022, harga bahan kebutuhan pokok juga mengalami penurunan signifikan dibandingkan 15 Juni 2022.

Harga 10 barang kebutuhan pokok yang turun, yaitu daging sapi, cabai merah besar, cabai rawit keriting, cabai rawit merah, daging ayam ras, bawang merah, bawang putih, minyak goreng kemasan sederhana, gula pasir, dan minyak goreng curah.

BACA JUGA:Tanpa Minum Obat, Ini 3 Cara Alami Menurunkan Demam

BACA JUGA:Bank Indonesia Provinsi Jambi Gelar Pencanangan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Provinsi

Dalam bidang perdagangan luar negeri, Mendag Zulkifli Hasan berhasil menjaga kinerja perdagangan Indonesia tetap surplus.

Pada Agustus 2022, neraca perdagangan mengalami surplus sebesar USD 5,76 miliar, sementara pada Januari—Agustus 2022 surplus Indonesia mencapai USD 34,92 miliar.

Pada periode ini, ekspor nonmigas Indonesia tercatat sebesar USD 194,60 miliar, atau naik 35,42 persen dibanding periode yang sama 2021. 

Mendag Zulhas menekankan capaian kerja 100 hari dalam mengemban tugas dan amanat Presiden Jokowi akan terus dijaga dan ditingkatkan.

BACA JUGA:Siapa Membunuh Putri (23) - Tersangka, Tapi...

BACA JUGA:Kudeta Sepi

"Salah satu kunci keberhasilan, dengan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan sehingga dapat saling mendukung dan memberikan ketenangan, ketentraman kepada masyarakat,” tegas Mendag. *



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com