Ini Tips agar Mobil Irit BBM

Ini Tips agar Mobil Irit BBM

Ini tips agar hemat BBM-Reza permana-Disway.id

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan agar mobilnya bisa irit BBM serta tidak menambah membengkaknya budget untuk kebutuhan BBM

Apalagi saat ini harga bahan bakar minyak (BBM) melambung tinggi yang diumumkan pada 3 September 2022 lalu tentunya membuat alokasi budget transportasi akan ikut bertambah.

ada beberapa langkah yang harus diperhatikan agar mobilnya bisa irit BBM serta tidak menambah membengkaknya budget untuk kebutuhan BBM.

Sehingga anggaran yang Anda siapkan untuk membeli BBM bisa terpenuhi.

BACA JUGA:Aktif Bangun Negeri, PT Surya Sakti Sukses Hadir Menjadi Jasa Penyedia O&M dan Fabricator Berbagai Equipment

BACA JUGA:Wow...Jadi Model Sungguhan, Bonge Jadi Model 3Second di JF3 2022, Bersanding dengan Al Ghazali

Menurut Samsudin selaku Aftersales Support PT Astra International Tbk – Peugeot, bahwa perawatan kendaraan menjadi salah satu faktor yang menurunkan efisiensi bahan bakar.

“Dengan menurunnya peforma mobil tentunya pengendara akan semakin dalam menginjak pedal gas, hal ini akan berdampak pada meningkatkannya konsumsi bahan bakar,” terang Samsudin.

“Mobil yang seharusnya tidak memerlukan rpm atau putaran mesin yang tinggi untuk dapat berakseleraasi dalam memenuhi kebutuhan berkendara, dengan turunnya peforma tentunya pengendara akan menginjak pedal gas lebih dalam agar mendapatkan tenaga yang mumpuni. Inilah yang akan meningkatkan konsumsi bahan bakar dari semestinya,” tambah Samsudin.

Samsudin menjelaskan ada beberapa hal yang harus diperhatikan sehingga dapat menjaga peforma dan konsumsi BBM kendaraan tetap terjaga dengan baik, diantaranya adalah menjaga kebersihan filter udara, menjaga kebersihan bahan bakar, serta service berkala.

BACA JUGA:Puluhan Massa Aliansi Perempuan Jambi Gelar Aksi Damai di Depan Mapolda Jambi, Minta Kasus Kematian KY Diusut

BACA JUGA:Ini Harga dan Fitur Galaxy Z Flip 4 5G yang Belum Banyak Diketahui

Filter udara akan menyebabkan meningkatkan konsumsi udara jika kondisinya kotor dan berdebu.

Dengan kotornya filter udara secara otomatis akan mengurangi asupan udara yang digunakan dalam melakukan pembakaran.

Berkurangnya asupan udara, maka akan berdampak pada ketidaksempurnaannya pembakaran yang mengakibatkan pada penurunan peforma.

Jika peforma menurun maka tenaga yang dihasilkan juga akan ikut menurun, untuk mendapatkan performa yang maksimal, maka sistem akan menyuplai lebih banyak bahan bakar sehingga menyebabkan konsumsi meningkatkan konsumsi BBM. 

BACA JUGA:Pembunuh Masih Berkeliaran, Tetangga KY Masih Ketakutan

BACA JUGA: Kesalahan dan Pertanggungjawaban (2)

Demikian juga yang terjadi jika filter bahan bakar dalam kondisi yang kotor, tentunya peforma akan turun dan diperlukan suplai bahan bakar lebih banyak untuk mendapatkan peforma sesuai dengan kebutuhan dalam berkendara,” jelas Samsudin. Samsudin sangat menyaratkan untuk mematuhi jadwal servis berkala yang telah ditetapkan oleh masing-masing ATPM dalam buku servis.

Dengan melakukan servis berkala yang rutin tentunya mobil selalu dalam kondisi prima yang membuat peformanya tetap terjaga.

Peforma ini akan berhubungan dengan kinerja dan pembakaran mesin yang prima, sehingga tidak diperlukan bahan bakar yang lebih banyak untuk mendapatkan tenaga yang diperlukan dalam berkendara.

BACA JUGA:Buruan Daftar! Kartu Prakerja Gelombang 44 Resmi Dibuka, Cek Syaratnya

BACA JUGA:3 Hal yang Harus Kamu Hindari Biar Gak Masuk Angin

“Dalam servis berkala nantinya bagaian-bagian tersebut akan di cek oleh para mekanik untuk memastikan peforma mobil tetap terjaga dengan baik, selain itu system ECU yang mengontrol pembakaran tentunya juga akan mendapatkan penanganan dan mobilpun kembali bekerja sebagaimana mastinya,” tutup Samsudin. (Reza Permana/disway.id)

Artikel ini juga tayang di disway.id
Dengan judul pastikan cek bagian ini agar mobil irit bbm

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id