Ini Tips Pemasaran Digital yang Efektif untuk Pelaku UMKM

Ini Tips Pemasaran Digital yang Efektif untuk Pelaku UMKM

Tips pemasaran digital bagi pelaku UMKM-Dok-Jpnn.com

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID  - Pemasaran produk merupakan salah satu hal penting agar produk dapat dikenal dan dijual ke masyarakat

Nah, saat ini pemasaran yang sangat efektif adalah pemasaran secara digital terutama lewat media sosial, bisa dilakukan dengan efektif dan efisien.

Sebab, sarana digital menjadi cara ampuh bagi pelaku usaha mulai dari skala mikro sampai menengah untuk memasarkan produk mereka.

Namun, ada sejumlah cara jitu yang harus dilakukan bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya secara digital.

BACA JUGA:Mabes Polri Jatuhi Sanksi PTDH ke Mantan Kapolres Bandara Soetta

BACA JUGA:Polres Tebo Amankan 10 Ton BBM Ilegal Jenis Pertalite

Dosen bisnis dan pemasaran pada Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Deny Yudiantoro memberikan sejumlah tips melakukan pemasaran bagi pelaku UMKM.

"Pemasaran lewat media sosial saat ini sudah lazim digunakan, baik gratis maupun berbayar," ungkap Deny dalam siara persnya, Selasa 30 Agustus 2022.

Dia menjelaskan untuk pemasaran berbayar di media sosial, ada layanan kepada siapa produk tersebut tepat untuk dipasarkan sesuai profil audiens di media sosial tersebut seperti dikutip dari JPNN.com

Namun, lanjut dia, pemanfaatan teknologi digital untuk bertransaksi secara daring bisa dilakukan 24 jam atau tujuh hari dalam seminggu secara penuh.

Kelebihan lainnya adalah transaksi secara digital menghindarkan kredit macet karena transaksi dilakukan secara tunai,” ujar Deny pada saat acara webinar yang digelar oleh Kemenkominfo bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.

Deny mengakui bahwa tidak semua pelaku UMKM di Indonesia melek digital.

Selain itu, infrastruktur digital di Indonesia belum merata kualitasnya.

BACA JUGA:Truk Tabrak Tiang depan SD, Mengakibatkan 10 Siswa Tewas, 20 Luka Luka

BACA JUGA:Ayo Cepat Tukar, BI Cabut Uang Rupiah Khusus Tahun 1995

Salah satu hal yang bisa dilakukan agar pelaku UMKM melek digital adalah pendampingan oleh mahasiswa kepada sejumlah pelaku UMKM.

"Tujuannya untuk memberikan pemanfaatan digital untuk pemasaran produk dan transaksi jual beli," kata Deny.

Dengan hadirnya program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kemenkominfo diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com