Gubernur Jambi Al Haris Tinjau Candi Tuo Sumay di Kabupaten Tebo, Ini Pesannya

Gubernur Jambi Al Haris Tinjau Candi Tuo Sumay di Kabupaten Tebo, Ini Pesannya

Gubernur Jambi Al Haris--

MUARATEBO, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Gubernur Jambi Alharis di dampingi Pj Bupati Tebo H Aspan meninjau Candi Tuo Sumay di Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, pada Sabtu 6 Agustus  2022.

Al Haris mengungkapkan bahwa kawasan bersejarah tersebut memiliki jejak-jejak peradaban yang harus terus dilestarikan.

“Inilah sejarah yang perlu kita lestarikan agar jejak-jejak peradaban kita di bidang pendidikan dan budaya utamanya juga diketahui,” ucap gubernur.

Al Haris menuturkan bahwa puing puing candi yang terbentuk dari tumpukan-tumpukan batu bata tersebut berada di kawasan padat penduduk yang merupakan pusat kerjaaan pada abad ke-7. Oleh karena itu, Al Haris menyebut bahwa peradaban Indonesia pada saat itu sudah dikenal secara meluas.

“Bukan hanya yang berkaitan dengan teologi tetapi di kawasan candi Tuo Sumay akan kita pelajari historinya, dari pantauan kita di sini ada beberapa tanda makam pada abad ke 7, artinya ini ada kaitan dengan candi di Kabupaten Muaro Jambi," katanya.

Al Haris mengatakan bahwa pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan kembali memulai mempelajari histori candi tuo Sumay, sekaligus untuk menunjukkan kepada masyarakat betapa luasnya kawasan cagar budaya tersebut.

Lanjut Al Haris, dirinya meminta masyarakat sekitar memercayai bahwa kawasan tersebut merupakan peninggalan budaya pada masa lalu yang harus dihormati dan dilestarikan secara turun-temurun.

Tercatat, terdapat 2 candi utama yang ditemukan di Jambi dan Candi Muaro Jambi  telah dilakukan pemugaran. Kedepan kita akan pelajari histori Candi Tuo Sumay ini. Namun, di sekitar kawasan tersebut diperkirakan terdapat tanda makam candi yang terkubur di dalam puluhan gundukan tanah. (wan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: