Hati-hati, Hujan Deras dan Angin Kencang di Kota Jambi, Ini Prediksi BMKG

Hati-hati, Hujan Deras dan Angin Kencang di Kota Jambi, Ini Prediksi BMKG

Hujan deras dan angin kencang yang melanda Kota Jambi.-risza/jambi-independent.co.id-jambi-independent.co.id

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Hujan deras mengguyur Kota Jambi, pada Kamis 4 Agustus 2022. Hujan deras disertai angin kencang itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB.

Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur Kota Jambi terjadi di sejumlah kawasan. Salah satunya di kawasan Thehok, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Tambak Sari, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi.

Ini membuat para pengendara sepeda motor mau tak mau harus mencari tempat berteduh. Tak hanya itu, hujan ini seolah membawa kabut hingga jarak pandang sedikit terganggu.

Diketahui, beberapa hari ini Kota Jambi memang dilanda hujan. Pada Rabu, 3 Agustus 2022 kemarin, hujan mengguyur Kota Jambi mulai dari pagi hingga siang.

BACA JUGA:Pembangunan RS Talang Banjar Tak Dapat Rekom Kemenkes, DPRD Kota Jambi Sebut Akibat Perencanaan Tak Jelas

BACA JUGA:Bantai Singapura, Skuad Garuda Asia U-16 Pimpin Klasemen Grup A

Selain itu, beberapa hari terakhir, wilayah Provinsi Jambi khususnya Kota Jambi memang sering diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. 

Melihat hal tersebut, Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Sultan Thaha Jambi mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang sedang melanda wilayah Jambi.

"Beberapa hari terakhir hingga tiga hari ke depan ini cuaca masih berpotensi hujan, dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada siang atau sore, malam dan dini hari," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun BMKG Sultan Thaha Jambi, Anisa Fauziah pada Rabu 3 Agusut 2022 lalu.

Anisa menjelaskan bahwa hujan yang terjadi diakibatkan karena masih menghangatnya suhu muka laut di wilayah Perairan sekitar Sumatera akibat fenomena lanina lemah dan IOD (Indian Ocean Dipole) negatif.

BACA JUGA:Mantap, Pemprov Jambi Tetapkan Harga TBS Sawit Rp2.016 Per Kilogram

BACA JUGA:Sempat Terseret 30 Meter, Begini Kronologis Laka Maut di Paritculum Tanjab Timur Pagi Tadi

"Ditambah lagi dengan adanya konvergensi dan belokan angin di wilayah Sumatera yang mengakibatkan terbentuknya pumpunan awan hujan," tambahnya.

Ditambahkan Anisa, kondisi ini masih akan berlangsung hingga akhir pekan ini. Untuk itu, dirinya meminta kepada masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan cuaca ekstrem ini hingga akhir pekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: