Warga Kecamatan Sadu Diminta Berhati-Hati, Terkait Harimau Liar yang Berkeliaran

Warga Kecamatan Sadu Diminta Berhati-Hati, Terkait Harimau Liar yang Berkeliaran

Puluhan kambing Dimangsa harimau--

MUARASABAK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Harimau liar yang memangsa 16 kambing warga di dalam satu kandang di Desa Sungai Cemara, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjab Timur, Minggu 31 Juli 2022 lalu, diduga keluar dari habitat aslinya saat memburu hewan yang akan dijadikan mangsanya.

Dengan adanya teror dari hewan buas pemakan daging yang dikenal memiliki kuku dan taring tajam yang dengan cepat bisa melumpuhkan mangsanya itu, masyarakat diminta lebih berhati-hati saat bepergian keluar rumah, terutama pada saat malam hari.

Selain itu, bagi warga yang memiliki hewan ternak, diminta lebih waspada saat akan mengemala atau melepasliarkan hewan ternaknya, serta lebih teliti terhadap kondisi kandang agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Karena dikhawatirkan, hewan buas berkulit loreng dengan nama latin Panthera Tigris Sumatrae yang juga masuk dalam kategori hewan dilindungi tersebut, saat ini masih berkeliaran di sekitar Desa Sungai Cemara. Sewaktu-waktu bisa saja kembali menimbulkan konflik di sekitar pemukiman warga sekitar.

"Kami dari Polsek Sadu bersama tim terpadu dari BKSDA selalu melaksanakan giat imbauan dan sosialisasi kepada warga terkait adanya hewan liar (harimau) yang saat ini sudah memasuki perkampungan, agar warga selalu waspada dan berhati-hati saat melakukan aktifitas di luar rumah atau bepergian, terutama pada saat malam hari," ucap Kapolsek Sadu, Iptu Very Prasetyawan, Senin 1 Agustus 2022.

Saat ini petugas yang berwenang menangani konflik yang ditimbulkan dari keganasan harimau tersebut tengah memantau keberadaan hewan buas itu dan akan mencoba menghalaunya agar menjauh dari pemukiman warga sekitar.
Sebelumnya, kabar terkait adanya belasan hewan ternak warga yang dimangsa harimau, sontak menimbulkan keresahan dan kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Tanjab Timur.

Khususnya masyarakat yang bermukim di Kecamatan Sadu tempat harimau tersebut menebar teror keganasannya.
Di mana, pada Minggu 31 Juli 2022 yang lalu ada beberapa ekor kambing warga yang mati dan diduga sehabis diterkam harimau.

Akibat kejadian itu, pemilik kambing atas nama Baharudin yang bertempat tinggal di RT 06, Dusun Sejahtera, Desa Sungaicemara, Kecamatan Sadu harus mengalami kerugian yang cukup besar. (pan/zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: