PPDB Tahun 2022, SMPN 7 Kota Jambi Hanya Tampung 13 Siswa Baru Jalur Prestasi

PPDB Tahun 2022, SMPN 7 Kota Jambi Hanya Tampung 13 Siswa Baru Jalur Prestasi

Kepala SMPN 7 Kota Jambi, Zaida-Gita Savana/jambi-independent-

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022 ini, SMPN 7 Kota Jambi hanya menerima 13 siswa melalui jalur prestasi.

Ada puluhan siswa yang harus tereleminasi, karena hanya 15 persen siswa lewat jalur prestasi yang diterima oleh pihak sekolah.

Kepala SMPN 7 Kota Jambi, Zaida Wati mengatakan bahwa ada 73 siswa yang mendaftar melalui jalur prestasi, namun karena perhitungan melalui bobot, pihaknya hanya bisa mengakomodir 13 siswa berprestasi. “Selebihnya, terpaksa kita harus limpahkan ke sekolah lain,” kata Zaida, Senin 18 Juli 2022.

Akibatnya kata dia, di tahun ini pihaknya kembali tidak mendapatkan siswa berprestasi di bidang seni, olimpiade dan beberapa bidang lainnya. Dari 13 siswa yang terakomodir itu, kata dia kebanyakan siswa berprestasi di bidang agama, yaitu tahfidz. Kemudian, di bidang olahraga, untuk atlet taekwondo, silat, dan lainnya.

BACA JUGA:Ramalan Karier Berdasarkan Zodiak Kamu, Aries, Anda Mungkin Mengalami Masalah Dengan Rekan Kerja Hari Ini

BACA JUGA:Wow! Minum Air Ketumbar Ternyata Bisa Rasakan 4 Khasiat Ini

“Jadi memang tahun ini kita tidak dapat siswa berprestasi untuk olimpiade ataupun seni. Karena nilainya. Untuk seni, kan perlombaan di tingkat kota atau provinsi, jadi nilainya lebih rendah dibandingkan untuk lomba dari bidang olahraga di tingkat nasional,” katanya.

Begitu pula dengan prestasi jalur tahfidz, kata Zaida, pihaknya menerima penghafal Alquran empat juz hingga tujuh juz.

“Banyak yang kami buang. Karena persaingannya sangat ketat. Bobot terendah ini 975,” katanya.

Namun, meski demikian dirinya dan segenap guru tidak tinggal diam. Semua siswa yang sudah diterima yakni sebanyak 352 orang ini akan digembleng oleh pihaknya sehingga dapat berprestasi di bidang tertentu. Meski tak ada siswa berprestasi yang diterima di bidang seni dan olimpiade, namun pihaknya optimis akan melahirkan siswa yang berprestasi di bidang tersebut. “Kita ada guru-guru yang semangat dan siap bersaing untuk membentuk siswanya. Nantinya akan kita asah dari 13 siswa berprestasi dan lainnya tersebut, dan akan dapat anak olimpiade,” kata dia.

BACA JUGA:Zodiak Kamu, 19 Juli 2022, Aquarius, Kreativitas anda yang Luar Biasa Menjadi Pusat Perhatian

BACA JUGA:Bisik-bisik Keras

Karena, menurut dia guru di SMPN 7 Kota Jambi siap mengasah dan mendidik anak untuk berprestasi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, menurut dia melalui pendekatan yang dilakukan, didapatkanlah siswa yang berprestasi di bidang olimpiade, MTK, dan sebagainya. Selain dikenal dengan prestasinya, dirinya juga menegaskan bahwa melalui pendekatan itulah siswa dibentuk karakternya. Karena prestasi, kata Zubaida tidak hanya status, tapi karakter juga harus terpuji. “Kalau prestasi oke, itu bonus bagi kami. Yang kami tekankan adalah karakter, pembinaan perilaku, motivasi bersaing yang sehat,” ujarnya.

Sementara, diketahui pada Senin 18 Juli 2022 kemarin, siswa-siswi SMPN 7 Kota Jambi mulai melaksanakan kegiatan aktif belajar. Sebelum masuk ke kelasnya masing-masing, siswa baru dikenalkan dengan guru-guru, lingkungan sekolah dan sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: