Beda Banget Ya...Ini Fasilitas Jemaah Haji 'Sultan' di Mina Makkah

Beda Banget Ya...Ini Fasilitas Jemaah Haji 'Sultan' di Mina Makkah

Mobil listrik yang merupakan salah satu fasilitas untuk jamaah haji 'sultan'. Foto : tangkaopan layar IG--Disway.id

MEKKAH,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID-Ada perbedaan yang cukup signifikant antara jamaah haji biasa dan jamaah haji 'sultan' yang disediakan oleh Pemerintah Arab Saudi.
 
 Suka nggak suka, saat ini pemerintah Kerajaan Arab Saudi menyediakan fasilitas yang cukup mewah untuk jemaah haji VVIP atau kerap disebut sultan.
 
Misalnya saja untuk tenda jemaah Haji VVIP ini memiliki fasilitas yang sangat memadai, di antara terdapat ruangan yang dilengkapi ranjang dan kasur serta penerangan lampu.
 
Selain itu, tenda tersebut juga dilengkapi dengan pendingin ruangan AC, sehingga tak kepanasan.
 
 
 
Fasilitas kelas VVIP untuk jemaah Haji ini disebut dalam bahasa Arab adalah Abroj, sebagaimana dilansir Disway.id dari akun instagram @suaramadinah, Sabtu 9 Juli 2022.
 
Akun tersebut membagikan gambaran fasilitas ibadah Haji di Mina, Makkah, di mana terdapat tenda yang boleh dibilang memang berbeda dari jemaah Haji regular.
 
Tenda yang disediakan pemerintah Kerajaan Arab Saudi untuk jemaah Haji kelas VVIP di Mina, Makkah, Arab Saudi-Tangkapan Layar/Suaramadinah-Instagram
 
Tak berhenti sampai di situ, jemaah Haji VVIP juga mendapat fasilitas antar jemput dengan kendaraan listrik menuju lokasi pelemparan batu atau disebut jamarat alias lempar jumrah.
 
"Bagi yang ingin ikut ini harus membayar biaya yang mahal... namun sesuai dengan fasilitas yang didapatkan insyaAllah...," terang akun tersebut.
 
 
 
Akun tersebut menjelaskan, unggahan tersebut bukan bermaksud untuk membandingkan dengan fasilitas jemaah Haji lainnya.
 
Ini merupakan fenomena yang terjadi dan memang terbukti ada fasilitas Haji VVIP yang dibayar dengan cukup mahal.
 
"Bagaimanapun, fasilitas apapun, pahala yang didapat hanya Allah yang menentukan dan menerima...," lanjut akun tersebut. (viz)
 
Artikel ini sudah tayang tayang di disway.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id