Espargaro Tak Suka Alat Cangih, Lekat di MotoGP

Espargaro Tak Suka Alat Cangih, Lekat di MotoGP

Aleix Espargaro--

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Aleix Espargaro berharap ada aturan 'saklek' perihal ride height device di MotoGP. Pembalap Aprilia Racing ini menolak tegas penggunaan alat canggih pengatur tinggi rendah posisi duduk.

Perlu diketahui, seluruh pabrikan MotoGP sudah menggunakan ride height device di motor para pembalapnya. Alat ini sebenarnya menguntungkan karena bisa membuat pembalap tak perlu lagi mengatur posisi duduk.

Adapun Aprilia memiliki dua mode, yakni manual dan otomatis. Aleix Espargaro menggunakan yang manual karena menurutnya lebih fleksibel.

"Saya pakai sistem yang manual. Saya juga punya sistem yang otomatis, tapi saya lebih suka dengan yang manual," ujar Aleix Espargaro dinukil dari Speedweek.

BACA JUGA:Wakili Edi Purwanto, Anggota DPRD Provinsi Jambi Kemas Al-Farabi Hadiri Pelantikan 12 Lembaga Banom NU

BACA JUGA:Imbang dari Vietnam, Timnas Indonesia Fokus ke Laga Kedua

Aleix Espargaro pernah menjajal ride height device yang otomatis. Ia sebetulnya terkesan karena buat para teknisi alat ini mempermudah segalanya.

Secara teknis, ride height device akan bekerja ketika motor melakukan tikungan, yang mana pembalap tak perlu lagi mengatur posisi duduk yang tepat. Namun tetap saja ia tidak begitu suka dengan yang otomatis.

"Jadi alat ini akan otomatis bekerja ketika suspensi depan berkurang (melakukan rem depan). Untuk para teknisi, itu sangat sempurna. Tapi, buat saya ini terlalu dini, saya tidak mennyukainya," katanya lagi.

Lebih lanjut, Aleix menuturkan kalau perangkat tersebut membuat pembalap kehilangan kehati-hatian karena secanggih apapun sebuah alat tetap memiliki risiko.

BACA JUGA:Cristiano Ronaldo Minta MU Lepas untuk Musim 2022/2023

BACA JUGA:Chelsea dan Napoli Berminat Tampung Cristiano Ronaldo

"Saat Anda membalap kan perlu hati-hati, nah makanya lebih baik menunggu motor kembali posisi tegak," jelas Aleix.

"Jadi, sebenarnya posisi duduk terbaik kita kan yang mengatur. Kita yang paling tahu kapan atau bagaimana sebaiknya itu dilakukan, saya memilih menggunakannya ketika saya butuh," ujarnya lagi.

Ya, ride height device pernah beberapa kali malfungsi. Maverick Vinales jadi korban pertama.

Mengingat risiko yang terdapat pada alat tersebut, Aleix pun memilih untuk melarang ride height device jika ia memiliki wewenang. Alasannya, selain keamanan, tapi juga rasa kompetitif.

BACA JUGA:Polisi Tangkap Pelaku Penembakan Pendeta di Deliserdang, Motifnya Karena Uang Rp 50 Ribu

BACA JUGA:Harga Cabai Kembali Tembus Rp 120ribu/kg di Jambi Jelang Idul Adha

"Kalau saya punya wewenang, akan saya larang sekalipun punya Aprilia yang terbaik. Tanpa alat ini, balapan akan terasa lebih kompetitif karena semua pembalap dituntut mengeluarkan skill-nya," (slt)

 
 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: