Bawa Misi Perdamaian, Presiden Jokowi Temui Putin dan Zelenskyy

Bawa Misi Perdamaian, Presiden Jokowi Temui Putin dan Zelenskyy

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) terbang menuju beberapa negara pada minggu 26 Juni 2022.


Kunjungan itu diawali menuju Jerman untuk menghadiri KTT G7, Jokowi menjadi perwakilan negara partner karena Indonesia berstatus sebagai Presidensi G20.

Namun disisi lain, Suami Iriana ini membawa misi untuk menciptakan perdamaian dalam rencana pertemuannya dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin.


"Kami akan mendorong dan mengajak negara-negara G7 untuk bersama-sama mengupayakan perdamaian di Ukraina," kata Jokowi dalam keterangan persnya, Minggu.

BACA JUGA:Tim Siginjai Sakti Polda Jambi Juara 1 Kejuaraan Tenis Kapolda Cup, Yuk Lihat Hadiahnya

BACA JUGA:Calon Tak Bisa Maju di Pilkades Sarolangun, Jika Terlibat Hal Ini

Menurut Jokowi peperangan sudah semestinya dihentikan. "Perang memang harus dihentikan dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali," lanjut dia.

Selain agenda perdamaian, Jokowi akan membahas solusi atas krisis pangan dan energi di KTT G7. "Upaya ini tidak mudah, tetapi kami, Indonesia akan terus berupaya," ucap eks Gubernur DKI Jakarta itu.  

Setelah itu, Jokowi akan mengunjungi Kiev setelah dari Jerman untuk menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Pria kelahiran Jawa Tengah itu mengaku bakal mengajak Presiden Zelenskyy membuka dialog agar tercipta perdamaian di Ukraina.

BACA JUGA:Vaksin Booster di Jambi Baru 16,69 Persen, Ini yang Dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi

BACA JUGA:Soal Penghapusan Tenaga Honorer di Jambi, Pemprov Dipanggil ke Jakarta, Ini yang Dibahas

Dari Ukraina, kepala negara melanjutkan lawatan ke Rusia untuk menemui presiden negara Beruang Merah itu, Vladimir Putin dengan misi yang sama.  

"Saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka peluang dialog dan sesegera mungkin melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang," ujar Jokowi  

Seusai Ukraina, Jokowi akan mengunjungi Uni Emirat Arab (UEA) untuk melanjutkan kembali pembahasan kerja sama ekonomi dan investasi antara indonesia dengan negara Timur Tengah itu.  

Kepala negara menyebut kunjungan ke UAE bukan hanya penting bagi Indonesia. Namun, berharga bagi negara-negara berkembang untuk mencegah kemiskinan ekstrem dan kelaparan.  

"Selama saya di luar negeri pemerintahan akan dipimpin oleh Bapak Wakil Presiden RI (Ma'ruf Amin, red). Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan," ungkap Jokowi. (*/zen)

 

Artikel ini sudah pernah tayang di Sumeks.co, dengan judul: Temui Putin dan Zelenskyy, Presiden Jokowi Bawa Misi Perdamaian

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://jambiindependent.disway.id/