BIAN Juga Dilakukan pada Orang Rimba Terap

BIAN Juga Dilakukan pada Orang Rimba Terap

Pelaksanaan BIAN pada Orang Rimba Terap-ist -Warsi

Jadilah, sebelum ke lokasi Orang Rimba di Terap, dilayani dulu delapan anak rimba yang dibawa orang tuanya untuk mendapatkan vaksin.

Tidak hanya di Orang Rimba, BIAS juga digalakkan di komunitas Bathin Sembilan di Desa Bungku Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari. Pada kegiatan ini dilakukan pemberian imunisasi BCG dan  Campak Rubella. Juga dilakukan pengobatan gratis bagi komunitas ini.  

BACA JUGA:Inspektorat Minta OPD Besok Temuan BPK RI Harus Selesai, Khusus Temuan Administrasi 

BACA JUGA:Ini Profil Kasat Reskrim Polresta Jambi, yang Menangkap Pentolan Genk Motor

“Kegiatan ini masih akan terus berlanjut menuju kelompok-kelompok lainnya, baik Orang Rimba maupun Bathin Sembilan dan juga Talang Mamak,” kata Maria. 

Pengobatan dasar dan pemberian vaksin ke suku pedalaman ini, merupakan program Puskesmas yang lokasinya berdekatan dengan suku-suku yang tinggal di dalam dan sekitar hutan. Kurangnya pengetahuan suku-suku ini terhadap ancaman penyakit yang makin beragam dan juga kesulitan akses mengharuskan pusat layanan kesehatanlah yang mendekat ke mereka.  

Sedangkan bagi petugas medis ada kendala bahasa dan juga pendekatan ke komunitas yang juga harus dijembatani. Atas dasar inilah hadir kerjasama Warsi dan Puskesmas untuk menjangkau suku-suku ini. Harapannya ke depan suku-suku ini bisa hidup lebih baik dengan kesehatan prima untuk masa depan yang berjaya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: