Ini Lima Manfaat Sofware Absensi Online Bagi Perusahaan

Ini Lima Manfaat  Sofware Absensi Online Bagi Perusahaan

Sofware absensi online bagi karyawan yang WFH sangat dibutuhkan perusahaan. Foto : Ist--

JAMBI,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID-Absen online saat ini sangat dibutuhkan oleh perusahaa . Terutama saat pandemi covid 19 dimana sebagian besar karyawan banyak yang bekerja secara online.
 
Lalu,seberapa penting sistem absensi kehadiran karyawan online bagi perusahaan? Simak informasi lengkapnya berikut ini : 
 
1. Merekam Kehadiran Karyawan
 
Sistem absensi karyawan membantu perusahaan dalam melakukan proses absensi atau kehadiran karyawan saat mulai bekerja dan selesai bekerja sehingga perusahaan Anda dapat memantau performance atau kinerja dari pegawainya secara efektif.
 
 
 
2. Dasar Penggajian Karyawan
 
Kehadiran karyawan turut mempengaruhi nilai gaji dan bonus yang diterima oleh karyawan.
 
Biasanya perusahaan akan mengapresiasi karyawan yang on time dan bekerja sesuai target dengan memberikannya bonus, sebaliknya perusahaan juga bisa memberlakukan pemotongan gaji bagi karyawan yang telat dan tidak bekerja secara optimal.
 
Dengan software absensi karyawan online, data kehadiran karyawan sudah terekam dan tersaji secara akurat.
 
3. Dasar Pemberian Cuti Karyawan
 
Dengan software absensi karyawan, HR bisa mengetahui kehadiran karyawan setiap hari, bulan, hingga tahunan. 
 
Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan bagi HR dalam memberikan cuti kepada karyawan, selain itu HR juga bisa mengecek apakah karyawan tersebut masih memiliki jatah cuti atau sudah mengambil cuti yang sudah diberikan oleh perusahaan. 
 
Karena software absensi karyawan memiliki fitur absensi yang sudah terintegrasi dengan pengajuan cuti karyawan, hal ini akan mudah bagi HR dalam mengambil keputusan terkait cuti kerja karyawan.
 
 
 
4. Database Karyawan Lebih Rapi
 
Dengan adanya sistem absensi yang terintegrasi, akan mempermudah HR dalam melakukan rekap database karyawan. Kemudian database ini juga akan mendukung mereka dalam menghitung gaji tiap karyawan, cuti, bonus, BPJS, dan lainnya.
 
5. Mencegah Kecurangan
 
Kecurangan bisa saja terjadi, termasuk dalam hal absensi karyawan. Jika absensi masih dilakukan secara manual, dan kondisi karyawan tidak masuk kantor, sulit untuk mendeteksi apakah karyawan tersebut tetap bekerja atau tidak seperti dikutip dari jpnn.com
 
Hal ini dapat dihindari dengan adanya software absensi karyawan online, kecurangan bisa dihindari karena sudah banyak perusahaan yang sudah mengimplementasikan sistem absen berbasis biometrik. (viz)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: