Serius Garap Mobil Listrik, Hyundai Kucurkan Investasi Rp 81 Triliun

Serius Garap Mobil Listrik, Hyundai Kucurkan Investasi Rp 81 Triliun

Hyundai Kona Electric SUV full pertama di Indonesia. Foto : Hyundai--

JAKARTA,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID-Hyundai membuktikan diri akan serius dalam menggarap mobil listrik yang ramah lingkungan.
 
Keseriusan Hyundai dalam  pengembangan ekosistem mobil listrik dunia ini bisa dilihat dari investasi yang dikucurkan untuk membangun infrastruktur mobil listrik tersebut.
 
Angkanya tidak main main. Hyundai dilaporkan akan mengucurkan investasi hingga USD5,5 miliar atau sekitar Rp81 triliun. 
 
 
 
Investasi tersebut untuk membangun fasilitas manufaktur kendaraan listrik (EV) dan baterai di Savannah, Georgia.
 
Pengumuman investasi ini muncul setelah kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden ke Korea Selatan beberapa waktu lalu.
 
Rencananya, pembangunan pabrik di atas lahan seluas  2.923 hektar itu akan dimulai awal 2023. Sedangkan produksinya diharapkan dimulai pada paruh pertama 2025.
 
Bukan cuma itu, Hyundai juga akan menerima tambahan investasi USD1 miliar dari pemasoknya.
 
Dikutip dari Kantor Berita Yonhap, tujuan investasi ini untuk lebih memperkuat dorongan elektrifikasi di pasar mobil paling penting di dunia tersebut.
 
Hyundai berencana membuat 300.000 kendaraan per tahun dan akan menambah sekitar 8.100 pekerjaan baru.
 
 
 
Alasan pemilihan Georgia karena kecepatan pasar, tenaga kerja, dan kemampuan negara untuk memenuhi standar netralitas karbon perusahaan. Georgia adalah rumah bagi jaringan anak perusahaan dan pemasok Hyundai yang ada seperti dikutip dari jpnn.com
 
"AS selalu menempati tempat penting dalam strategi global Grup, dan kami senang bermitra dengan Negara Bagian Georgia untuk mencapai tujuan bersama kami tentang mobilitas dan keberlanjutan listrik di AS," kata Ketua Grup Hyundai Motor Euisun Chung dalam sebuah penyataan. (viz)
 
 
Artikel ini sudah tayang di fin.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: