Mulai Merangkak Naik, Segini Harga TBS Saat Ini

Mulai Merangkak Naik, Segini Harga TBS Saat Ini

Harga kelapa sawit kembali bergairah pasca dibukanya keran ekspor CPO. Foto : ist--

JAKARTA,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID -Kabar gembira bagi petani sawit. Saat ini harha sawit sudah mulai bangkit kembali setelah terpuruk akibat pemerimtah melarang ekspor CPO beberapa waktu lalu.
 
Bahkan,harga harga jual tandan buah segar (TBS) sawit di wilayah Aceh menyentuh angka Rp 2.400 per kilogram.
 
Hal ini disampaikan oleh Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Aceh bahwa harga sawit sudah kembali bangkit.
 
 
 
Hal ini dikarenakan telah dicabutnya larangan ekspor minyak sawit mentah atau (CPO) dibuka kembali.
 
Kendati demikian, tidak semua kabupaten/kota di provinsi paling barat Indonesia itu memiliki harga TBS sawit di atas Rp 2.000 per kilogram.
 
Fadhli mengatakan harga TBS sempat anjlok mencapai Rp 1.000 per kilogram saat larangan ekspor itu. Namun, kini harga TBS sawit mulai perlahan naik seiring dibuka kembali kran ekspor minyak goreng dan CPO.
 
“Harga di wilayah timur utara Aceh itu paling tinggi Rp 2.400 per kilogram, seperti di Aceh Utara,” kata Sekretaris Umum DPW Apkasindo Aceh Fadhli Ali di Banda Aceh, Sabtu 28 Mei 2022.
 
Fadhli menjelaskan secara umum di lintas timur utara Aceh, kisaran harga TBS sawit sudah di atas Rp 2.000 per kilogram.
 
"Paling murah Rp 2.100 per kilogram di tingkat pabrik kelapa sawit (PKS)," ujar Fadhli
 
 
 
“Di Aceh Selatan harga TBS sawit Rp 1.900 per kilogram, di Nagan Raya juga di bawah Rp 2.000 per kilogram. Hanya Aceh Singkil dan Subulussalam yang di atas Rp 2.000 per kilogram, paling tinggi Rp 2.100 per kilogram,”tambah Fadhli.
 
“Kita lihat minggu depan ini tren perkembangan harga TBS akan makin naik. Memang harusnya harga ini sudah harus naik karena kran ekspor CPO sudah dibuka kembali,” katanya.
 
Beberapa pemerintah provinsi lain di Sumatera sudah menetapkan harga TBS di atas Rp 3.000 per kilogram, dengan harapan Aceh juga akan mengikutinya seperti di kutip dari jpnn.com
 
“Harga CPO akan terus dalam tren naik. Karena itu harapan kita pihak PKS membeli TBS milik petani dengan harga yang lebih baik,” ucap Fadhli. (viz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: