Bea Cukai Gali Potensi UMKM di Daerah, Begini Caranya

Bea Cukai Gali Potensi UMKM di Daerah, Begini Caranya

Bea Cukai terus mendukung produk umkm daerah. Foto : jpnn.com--

JAKARTA,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Bea Cukai terus mendukung UMKM daerah untuk terus maju dan berkembang dengan baik.
 
Salah satu caranya dengan memberikan edukasi dan asistensi ekspor kepada para pelaku usaha. Tujuannya untuk menggali potensi industri dalam negeri.
 
Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Hatta Wardhana mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan untuk memulihkan ekonomi nasional.
 
 
 
Hatta menambahkan bahwa pihaknya konsisten membantu para pelaku usaha dalam negeri untuk memasarkan produknya ke luar negeri.
 
“Hal ini sejalan dengan upaya mendorong ekspor dan memberdayakan UMKM agar menjadi penggerak perekonomian nasional,” ujar Hatta.
 
Kantor Bea Cukai Sangatta, Labuan Bajo, dan Banjarmasin kembali melaksanakan asistensi ekspor bagi para pelaku UMKM.
 
Hendra, koordinator Lembaga Pengembangan Bisnis Pama Banua Etam Wilayah Sangatta, mengungkapkan bahwa lembaganya menekankan UMKM untuk membuat produk yang dibutuhkan pembeli.
 
Di Nusa Tenggara Timur, Bea Cukai Labuan Bajo berupaya menggaet para pelaku usaha di sana untuk melaksanakan ekspor.
 
Salah satunya, CV Manggarai Flores Coffee. CV ini memiliki produk unggulan berupa kopi dalam bentuk green bean jenis arabika dan robusta.
 
Di Kalimantan Selatan, Bea Cukai Banjarmasin ikut memberikan asistensi dalam acara Apindo Workshop UMKM.
 
 
 
Acara ini merupakan bukti keseriusan pemerintah daerah yang terdiri atas Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPW BI) Provinsi Kalsel, Bank Kalsel, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, Kanwil DJBC Kalimantan Bagian Selatan.
 
Hatta menambahkan, Bea Cukai selalu memberikan asistensi ekspor seperti dikutip dari jpnn.com
 
“Dalam asistensi ini, kami berupaya mengubah pola pikir pala pelaku UMKM agar tidak hanya berorientasi pada keuntungan, tetapi juga harus dapat melakukan terobosan melalui kegiatan ekspor," ungkapnya. (viz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: