Hasil Uji Labor 2 Santri di Muarojambi Diduga Hepatitis Sudah Keluar, Ini Hasilnya

Hasil Uji Labor 2 Santri di Muarojambi Diduga Hepatitis Sudah Keluar, Ini Hasilnya

SENGETI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Setelah menunggu beberapa hari, akhirnya uji klinis terhadap dua santri yang diduga mengidap Hepatitis keluar.

Kepala Dinas Kesehatan Muarojambi, Afifudin saat dikonfirmasi mengaku jika hasil labor dua santri tersebut sudah keluar. 

Dikatakan dia, dari hasil labornya, dua santri tersebut memang mengidap penyakit Hepatitis, namun tidak misterius seperti yang ditakutkan saat ini.

"Hasil labnya sudah keluar, dan positif hepatitis A, bukan hepatitis misterius," kata Afifudin.

BACA JUGA:Malaysia Pilih Hadapi Indonesia Ketimbang Vietnam di Semifinal SEA Games 

BACA JUGA:Indonesia Gagal Rebut Piala Thomas 2022 di Bangkok

Lanjutnya, dua santri tersebut saat ini diobati dengan cara rawat jalan. Pasien disarankan untuk banyak istirahat dan makan makanan yang bergizi.

Penyembuhan penyakit ini biasanya membutuhkan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan. Tergantung dengan stamina pasien itu sendiri. Oleh karena itu, Afifudin meminta agar pasien menjaga pola makan dan istirahat yang cukup.

Terkait penyebab penyakit tersebut, Afifudin mengatakan dipengaruhi tingkah laku atau pola hidup pasien itu sehari-hari.

"Penyebabnya vecal oral artinya dari kotoran pasien. Pasien tidak bersih cuci tangan sesudah buang air besar. Biasanya mereka langsung menyentuh makanan atau makanannya kemungkinan terkontaminasi kuman," jelasnya.

BACA JUGA:Timnas Indonesia U-23 Lolos ke SemifInal SEA Games, 2Masih Banyak PR Berat 

BACA JUGA:Perketat Pintu Masuk Hewan Ternak, Diskannak Sarolangun Libatkan Sejumlah Pihak

Terkait tujuh orang yang dilakukan uji klinis, Afifudin menyebut jika saat ini hasilnya belum keluar. Namun dia berharap hasilnya negatif. (Jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: