Hidung Tersumbat? Atasi dengan 4 Cara Mudah Ini

 Hidung Tersumbat? Atasi dengan 4 Cara Mudah Ini

ilustrasi/ Foto:Pixabay-Ist-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID- Kondisi hidung mampet atau tersumbat bisa menimbulkan ketidaknyamanan yang mengganggu aktivitas. Berbagai macam penyebab terjadinya hidung tersumbat, baik disebabkan pilek, flu, terpapar zat penyebab alergi (alergen), hingga mengalami sinusitis. Gejala hidung tersumbat yang muncul saat tidur bisa mengganggu, dan membuat tidur menjadi tidak berkualitas. 

Perasaan yang tidak nyaman inilah yang akhirnya akan membuat kamu mencari sejuta cara untuk mengatasi hidung tersumbat secara cepat dan tepat.

Seperti dikutip dari Halodoc, ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Mandi Air Hangat 

Mandi air hangat sebelum tidur juga membantu mengurangi rasa tidak nyaman akibat hidung tersumbat. Uap hangat membantu mengencerkan lendir sehingga bisa keluar dengan lebih mudah. 

BACA JUGA:Ini Dia Warna Warni Honda Genio Dengan Desain Lebih Yang Lebih Bergaya

BACA JUGA:Cek, 3 Macam Buah Ini Bisa Dijadikan Camilan untuk Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

2. Mengatur Posisi Tidur 

Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat yang muncul di malam hari adalah dengan mengatur posisi tidur. Cobalah tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi. Hal ini dapat mencegah cairan lendir menumpuk di hidung, yang bisa memperparah sumbatan. Tidur dalam posisi duduk atau setengah duduk juga bisa dicoba sesekali. 

3. Minum Obat 

Cara selanjutnya untuk mengatasi kondisi ini adalah mengonsumsi obat-obatan. Hal ini biasanya dilakukan jika hidung tersumbat terjadi karena penyakit tertentu, misalnya pilek atau flu.

4. Jangan Lupa Pelembap Udara 

Udara yang terlalu kering menjadi salah satu penyebab gangguan pernapasan memburuk, termasuk hidung tersumbat. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memasang pelembap udara alias humidifier

Nah itu tadi cara mudah untuk mengatasi hidung tersumbat, semoga bermanfaat ya. (*)

BACA JUGA:Koalisi Golkar, PAN, dan PPP Bisa Usung Airlangga Hartarto Presiden RI 2024

BACA JUGA:Timnas Indonesia Vs Filipina: Indonesia Wajib Menang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: