Jelang Ukraina vs Inggris, Berikut Statistik serta Head to Head yang Wajib Diketahui

Jelang Ukraina vs Inggris, Berikut Statistik serta Head to Head yang Wajib Diketahui

JAMBI-INDEPENDENET.CO.ID, ROMA - Inggris kembali berlaga di EURO 2020 saat jumpa Ukraina pada perempat final yang berlangsung di Stadion Olimpico, Roma, Minggu (04/07) dini hari WIB.

The Three Lions -julukan Timnas Inggris- lebih diunggulkan dalam laga ini, sedangkan Ukraina harus bekerja keras untuk bisa berbicara banyak di pertandingan nanti.

Skuad asuhan Andriy Shevchenko muncul sebagai tim kuda hitam potensial usai mengalahkan Swedia dengan skor 2-1 di 16 besar. Tim ini bisa menghukum Inggris jika Tim Tiga Singa melakukan kesalahan sekecil apapun.

Inggris, di sisi lain, sedang dalam kepercayaan diri tinggi usai menyingkirkan salah satu favorit juara turnamen ini, Jerman, dengan skor 2-0.

Raheem Sterling dan kolega memiliki rekor bagus saat bertemu Ukraina, dengan memenangi empat dari tujuh pertandingan yang dilakukan kedua tim. Ukraina hanya mampu meraih satu kemenangan.

Pertemuan terakhir kedua negara terjadi pada 2013 di laga persahabatan yang berakhir sama kuat 0-0. Ukraina mampu menunjukan perlawanan hebat di pertandingan itu, dan harus menunjukan performa serupa di laga nanti.

Kedua tim hanya sekali bertemu di turnamen besar, yakni pada ajang EURO 2012 yang dimenangi Inggris dengan skor 1-0, di mana Andriy Shevchenko menjadi kepala pelatih Ukraina di pertandingan itu.

Dengan kemenangan 2-0 atas Jerman, Inggris menjadi tim kedua dalam sejarah EURO yang belum kebobolan dalam empat pertandingan pertama berturut-turut.


Rekor terbaik dipegang Italia pada EURO 1990 yang tidak kebobolan dalam lima pertandingan pertama mereka di kompetisi itu, dan anak asuh Southgate memiliki peluang menyamai catatan tersebut andai tak kebobolan lawan Ukraina.

Skuad asuhan Shevchenko wajib mewaspadai winger Inggris Raheem Sterling yang telah mencetak tiga dari empat gol The Three Lions di EURO 2020.

Saat ini, Alan Shearer masih memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak Inggris di EURO dengan lima golnya. Hal yang masih mungkin dilampaui oleh Sterling, apalagi jika ia bikin gol di laga malam nanti.

Di pihak lawan, Shevchenko, pelatih Ukraina saat ini merupakan top scorer sepanjang masa negaranya dengan 48 gol. Striker Andriy Yarmolenko telah mencetak 46 gol buat Ukraina, dan bisa saja melampaui catatan pelatihnya itu dalam beberapa bulan kedepan.(mcr15/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: