Tingkat Kelulusan SD 99,52 Persen

Tingkat Kelulusan SD 99,52 Persen

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, MUARABULIAN – Angka kelulusan siswa Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Batanghari, telah di terima Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Tahun 2021 ini, angka kelulusan SD hanya menyentuh angka 99,52 persen. Tidak tercapainya 100 persen angka kelulus tersebut, dikarenakan dari total 5.181 siswa yang terdata, 25 orang siswa diantaranya dinyatakan tidak lulus.

Kasi Kurikulum dan Penilaian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari, Irsyil Syarif mengatakan, siswa SD keseluruhan berjumlah 5.181 anak, yang terdapat di 213 SD. Dari jumlah itu, sebanyak 5.156 siswa dinyatakan lulus, dari hasil pengumuman kelulusan pada 15 Juni lalu.

“Untuk hasil kelulusan peserta didik di tahun 2021 ini dinilai dari tiga kategori, pertama ditentukan oleh nilai rapor siswa dari semester 1 hingga 5, kedua dilihat dari nilai sikap siswa dan terakhir siswa harus mengikuti ujian sekolah yang di berikan oleh satuan pendidikan,” jelasnya.

Terkait adanya 25 orang siswa yang dinyatakan tidak lulus, hal ini dikarenakan para siswa kelas 6 tersebut, pada semester dua akhir, mereka tidak masuk sekolah sama sekali, sehingga siswa tersebut dinyatakan Drop out.

“Untuk menekan angka kelulusan ini agar tercapai seratus persen, Dinas PDK akan berupaya untuk melaksanakan Pembelajaran tatap muka, serta nantinya setiap sekolah juga di harap agar para Kepala sekolah mau mengunjungi langsung rumah-rumah siswa yang ada permasalahan pembelajaran di masa pandemi ini, serta para orang tua juga harus berperan dalam mendukung anaknya untuk sekolah,” tutupnya.(sub/ira)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: