Kemarau, Potensi Hujan Masih Trjadi  

Kemarau, Potensi Hujan Masih Trjadi   

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAMBI – Dalam beberapa hari ke depan, sebagian wilayah di Provinsi Jambi masih terdapat hujan. Meski saat ini sudah masuk di musim kemarau. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi memprediksi, untuk  satu minggu kedepan akan terjadi hujan.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi Ibnu Sulistyo, melalui Kasi Informasi BMKG Provinsi Jambi Annisa mengatakan, hujan ringan hingga disertai angin kencang serta petir masih akan terjadi.

“Walaupun sudah musim kemarau, tapi masih ada hujan yang akan turun di Jambi,” kata dia, Minggu (4/6).

Lanjutnya, potensi hujan ringan hingga lebat di Provinsi Jambi tersebut lenih banyak di wilayah Jambi bagian timur, seperti Kabupaten Tanjab Barat, Kabupaten Tanjab Timur dan Kota Jambi serta kabupaten Muarojambi. Kemudian ada juga di bebrapa wilayah lainnya, seperti Batanghari, Kabupaten Bungo dan lain sebagainya.

Kata Annisa, turunnya hujan di musim kemarau tersebut disebabkan karena adanya gangguan cuaca yakni, menghangatnya suhu muka lait di Samudera Hindia barat Sumatera, serta adanya gelombang atsmosfer yang mengakibatkan potensi hujan berpeluan di musim kemarau.

“Sebab itu lah di Provinsi Jambi juga akan terjadi hujan, setidaknya ini bisa terbantukan dalam penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla),” tambahnya.

Selanjutnya, Annisa mengatakan hujan tersebut terjadi pada waktu siang hari, kemudian sore dan malam hari. Namun untuk hujan yang terjadi saat ini tak akan menybabkan bencana alam, seperti banjir dan lain sebagainya.

Meski demikian, dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam melakukan aktivirtas di luar rumah. Pasalnya, hujan yang terjadi akan menyebabkan jalan yang licin, serta angin kencang yang bisa saja tumbang di jalannan. (slt)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: