2 Desa Belum Ada Listrik

2 Desa Belum Ada Listrik

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAMBI - Rupanya masih ada desa yang belum teraliri listrik di Provinsi Jambi. Desa Airliki, Kecamatan Tabir Barat, Kabupaten Merangin, dan Desa Renahkayu Embun, Kecamatan Kumundebai, Kabupaten Kerinci.

“Kita sedang mengupayakan agar dua desa tersebut bisa masuk listrik,” kata Yosvinoza Bidang Kelistrikan Dinas Energi dan Sumber Daya  Mineral (ESDM) Provinsi Jambi, Senin (5/7).

Lanjutnya, dua desa tersebut memang merupakan jauh dari pusat kota. Akses untuk menuju ke desa tersebut sangat sulit, dengan menyebrangi sungai. Sehingga butuh waktu yang banyak untuk memasukkan listrik ke wilayah tersebut. Pihaknya akan bekerjasama dengan PLN Provinsi Jambi.

“Kami harus menggunakan speedboat untuk menuju ke desa tersebut, jadi biar listrik bisa masuk harus menyebrangi sungai,” tambahnya. Diketahui, untuk saat ini memang untuk persentase desa yang belum masuk listrik ada di Kabupaten Merangin, yang hanya mencapai 97,21 persen.

Sementara untuk persentase Provinsi Jambi yang sudah masuk listrik sudah mencapai 99,90 persen. Meski saat ini sudah banyak desa yang masuk listrik, namun tidak semua rumah sudah di aliri ristik.

“Ada juga rumah tangga yang belum teraliri oleh listrik, walaupun listriknya sudah masuk ke desa.  Karena membutuhkan waktu untuk itu,” sebutnya.

Sementara, untuk dua desa yang belum teraliri listrik tersebut, Yosvinoza menyebutkan pihaknya akan mengupayakan, namun akan melihat berapa anggaran yang dibutuhkan untuk masukkan listrik di dua kabupaten tersebut.

Kata dia, saat ini pihaknya telah melakukan suvei di lapangan dan tinggal menyesuaikan atau perkiraan anggarannya. Dia menyebutkan, nantinya ada beberapa kewenangan ESDN Provinsi Jambi dan PLN. “Kita sesuaikan dulu, mana yang aggarannya ada di kita dan mana anggaran yang langsung dari PLN,” tuturnya.

Sebelumnya ada, di tahun 2020 ada 19 desa yang belum teraliri oleh listrik di Kabupaten Tanjab Barat. Namun kini mereka telah menikmati listrik tersebut, pasalnya PLN dan ESDM Provinsi Jambi telah memasang arus listrik yang masuk ke 19 desa di Kabupaten Tanjab Barat tersebut.

“Beberapa waktu lalu kita juga telah meresmikan secara serentak di Kabupaten Tanjab Barat, di sana listrik sudah masuk semua,” ungkapnya. (slt)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: