Aktif Sekolah 15 Juli

Aktif Sekolah 15 Juli

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAMBI - Penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kota Jambi yang dimulai sejak 28 Juni hingga 3 Juli lalu, telah berakhir Kamis (8/7) pukul 24.00.

Kabid Pembinaan SD Disdik Kota Jambi, Sugiyono mengatakan, kuota PPDB khusus SDN di Kota Jambi ada 10.300 siswa. Jumlah itu tersebar di 164 sekolah. 

"Hingga siang ini (kemarin, red) saya belum memastikan apakah kuota itu terpenuhi atau tidak. Untuk mengetahui keseluruhan jumlah calon peserta didik baru (CPDB), baru terlihat saat pengumuman yang akan dilakukan hari ini (kemarin, red) melalui sekolah masing-masing. Saya belum terima laporan," katanya Kamis (8/7).

Dia melanjutkan, bagi siswa yang sudah diterima, diwajibkan untuk daftar ulang di sekolah masing-masing. Hal itu guna memverifikasi data siswa dan pembagian kelas. "Kalau masuk sekolah itu 12 Juli kemudian dilanjutkan dengan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). Kemungkinan mulai aktif sekolah pada 15 Juli. Tapi kita belum tahu karena Kota Jambi kondisi Covid-19 nya masih fluktuatif. Sehingga kita menunggu instruksi Wali Kota. Apakah bisa tatap muka atau kembali daring," ujarnya.

Sebelumnya, Kabid Pembinaan SMP Disdik Kota Jambi, Supardi mengatakan, khusus SMPN, penerimaan PPDB tahun 2021 melalui 4 jalur pendaftaran. Di antaranya adalah jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur prestasi, dan jalur perpindahan tugas orang tua. 

Supardi mengatakan, adapun rinciannya yakni, 75 persen untuk sistem zonasi, 15 persen afirmasi, 5 persen prestasi dan 5 persen perpindahan tugas orang tua. "Pada prinsipnya sama seperti tahun lalu. Kuota untuk tahun ini sekitar 6.000 kursi untuk SMPN," ujarnya.

Supardi mengatakan bahwa total tamatan SD tahun 2021 ini diperkirakan mencapai 10.570 siswa. "Kami memprediksi daya tampungnya masih mencukupi. Karena di Kota Jambi juga banyak sekolah-sekolah swasta yang sudah membuka pendaftaran, Jauh sebelum pemerintah melaksanakan PPDB, bahkan sekarang sudah ada yang tutup," katanya.

Sementara itu pengumuman penerimaan peserta didik baru tingkat SMP di kota Jambi dilakukan secara online melalui website http://ppdb.jambikota.go.id.  (zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: