Asian Agri Ajak Warga Aktif Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Asian Agri Ajak Warga Aktif Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, Tebo, Jambi - "Lebih baik mencegah dari pada mengobati". Pesan moral itu disampaikan Asian Agri, perusahaan perkebunan kelapa sawit bagian dari Group Royal Golden Eagle (RGE), kepada masyarakat Desa Tuo Sumay dan Desa Teriti Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi.

Melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), Asian Agri melalui unit bisnisnya PT Rigunas Agri Utama (RAU) KLO mengajak masyarakat desa untuk aktif melakukan pemeriksaan kesehatan.
"Pemeriksaan kesehatan itu sangat penting, agar kita dapat mencegah jangan terjadi penyakit yang lebih parah. Apalagi sampai tidak peduli dengan kesehatan, kita harus tahu jika sudah sakit maka biaya yang akan dikeluarkan sangat mahal," himbau Sahala Mahulae, Manager Plasma PT. RAU-KLO saat meninjau kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis.

Aksi kepedulian Asian Agri - PT RAU itu berlangsung, Rabu, 24 November 2021, di Balai Desa Tuo Sumay Kecamatan Sumay, dihadiri Isdon Saldi (Kepala Puskesmas Teluk Singkawan); dr. Yudy (Dokter Perusahan PT RAU-KBT); dr. Rahayu Widya Pratiwi (Dokter Puskesmas Teluk Singkawang); Rudy Jasthon Siahaan (Koordinator CSR P3); Ahmad Bastari (Humas PT. RAU-KBT); Herman (Wakil Kades Tuo Sumay); dan para tokoh masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian (CSR) PT RAU terhadap kesehatan masyarakat sekitar. Masyarakat desa sekitar PT RAU kita undang untuk mengikuti kegiatan ini baik sekadar untuk memeriksakan kesehatan berupa cek tensi darah, kolesterol, gula darah, asam urat dan konsultasi ke dokter mapun untuk berobat, Nanti warga yang sudah diperiksa kemudian mendapatkan obat-obatan serta vitamin sesuai penyakit yang dikeluhkan," ucapnya.
Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan ini tetap harus mengikuti prokes (protokol kesehatan) yang ada.

"Dokter atau paramedik baik dari perusahaan maupun puskesmas terdekat kita datangkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan seluruh masyarakat, Jadi mari kita pahami kondisi kesehatan kita saat ini, menerapkan pola hidup sehat secara menyeluruh," tambahnya.

Isdon Saldi, Kepala Puskesmas Teluk Singkawang, mengaku, PT RAU rutin setiap tahunnya melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan ini. "Mudah-mudah kegiatan ini bisa berlanjut terus sehingga kesehatan warga terjaga" ujarnya.

Menurut Isdon, masyarakat seharusnya membiasakan diri untuk periksa kesehatan agar bisa mengetahui anjuran yang tepat untuk menjaga pola hidup dan mencegah muncul penyakit yang berisiko.

"Contoh bapak-bapak perokok aktif atau yang sering mengonsumsi alkohol dianjurkan untuk menghentikannya karena akan berdampak kurang baik pada kesehatan, beberapa penyakit muncul akibat kebiasaan buruk, seperti penyakit paru-paru, jantung, hepatitis hingga kanker," cetusnya.

Mewakili masyarakat, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahan yang melaksanakan kegiatan ini. "Kami juga memohon kepada perusahaan untuk membantu kami terkait penyediaan APD untuk Puskesmas seperti tahun lalu ," harapnya.

Herman, Wakil Kades Tuo Sumay berpesan, semoga dengan adanya kegiatan ini, kesehatan masyarakat meningkat khususnya Desa Tuo Sumay dan Desa Teriti.
Ia mengaku, PT RAU telah berulang kali memberikan bantuan CSR, baik di sektor infrastruktur, pendidikan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, kesehatan, sarana air bersih bahkan bantuan pembangunan masjid serta program Desa Bebas Api dan lain-lain.
Rudy Jasthon Siahaan selaku Koordinator CSR P3 menjelaskan, program CSR bidang Kesehatan merupakan salah satu pilar CSR Asian Agri. Ini membuktikan bahwa perusahaan sangat peduli dengan kesehatan masyarakat sekitar.

"Perusahaan menghadirkan dr. Yudy serta tim medis dari perusahaan serta tim medis Puskesmas dan dr Rahayu Widya Pratiwi yang akan membantu program ini. Masyarakat dapat melakukan konsultasi dan pemeriksaan kesehatan. Ini gratis. Semoga ini langkah awal untuk kita masuk lembaran pola hidup sehat. Semoga masyarakat desa dapat menerima manfaat dari pemeriksaan kesehatan ini," jelasnya. (*/rib)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: