Memanas! Ukraina Siap Serang Rusia

Memanas! Ukraina Siap Serang Rusia

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAKARTA – Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan, Ukraina tengah mempersiapkan diri melakukan serangan kepada Rusia. Pihaknya menilai keinginan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy untuk ‘mengambil’ Crimea sebagai ancaman langsung.

Dengan begitu, Moscow khawatir akan kemungkinan langkah militer Ukraina di wilayah timur, yang mana dibantah oleh Kyiv.

“Formulasi seperti itu mengandung arti bahwa Kyiv dapat menggunakan opsi apa pun, termasuk kekuatan, untuk mencoba dan melanggar batas wilayah Rusia,” kata Peskov, dikutip Reuters, Jumat (3/12/2021).

“Keinginan Ukraina untuk ‘merampas’ Crimea merupakan bentuk ancaman pada Rusia,” sambungnya.

Pernyataan ini diucapkan di tengah ketegangan antara Rusia, Ukraina, dan negara Barat. Ukraina dan pihak Barat menilai Rusia tengah membangun pasukan militer di dekat Ukraina.

Namun, Moscow membantah ‘gosip’ invasi negara itu terhadap Ukraina dan balik menuduh Ukraina tengah membangun pasukan militer di dekat Rusia.

Akibat keterlibatan NATO dalam konflik Rusia-Ukraina ini, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan, negaranya akan memberikan proposal baru terkait pakta keamanan Eropa. Pakta ini bertujuan untuk menghentikan ekspansi NATO di wilayah Timur.

Tak hanya itu, Lavrov juga menyampaikan pengiriman senjata dari barat ke Ukraina membuat Kiev berpikir mereka dapat menyelesaikan sengketa perbatasan dengan kekerasan.

Dapat diketahui, Donbass terletak 877 kilometer dari tenggara Ibu Kota Ukraina, Kiev. Daerah itu merupakan zona konflik antara pasukan pemerintah dengan separatis pro-Rusia sejak 2014,” tandasnya.(der/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: