Mobil Pengangkut Oksigen Terperosok, Pendistribusian ke RS Sempat Terlambat

Mobil Pengangkut Oksigen Terperosok, Pendistribusian ke RS Sempat Terlambat

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAMBI - Mobil pengangkut oksigen yang akan digunakan pasien covid-19 terperosok pada Selasa (20/7) seusai mendistribusikan ke Rumah Sakit Baiturrahim Kota Jambi.

Hal itu dikhawatirkan memperlambat pendistribusian ke rumah sakit yang lain, sementara kebutuhan oksigen sedang dalam peningkatan.

Walaupun dalam suasana Idul Adha 1442H, namun kesigapan Tim Satgas Covid-19, dapat mengeluarkan mobil yang terperosok lebih dari lima Jam. Tim Satgas dipimpin Wakil Wali kota Jambi, bersama Danrem 042/Gapu, Kapolresta Jambi, Kasatpol PP Kota Jambi dan Dinas Perhubungan Kota Jambi berhasil memperlancar pendistribusian oksigen di Kota Jambi dan sekitarnya.

Wakil Wali Kota Jambi, Maulana menuturkan bahwa adanya laporan para direksi rumah sakit mendapatkan jadwal pengiriman oksigen, ternyata mengalami kemunduran.

"Saya dapat laporan dari para direksi rumah sakit seyogyanya hari ini mendapatkan jadwal pengiriman oksigen, ternyata mengalami kemunduran. Saya tanya sebabnya apa, ternyata ada salah satu mobil yang mendistribusikan ke rumah sakit, yang beratnya 10 ton terjebak disini dari pagi," terang Wawako Jambi, didampingi Kapolresta Jambi dan Danrem.

Setelah dilihat kondisi, Wawako berkoordinasi cepat dengan Danrem 042/Gapu, Kapolresta Jambi, Kasatpol PP Kota Jambi, Dinas Perhubungan Kota Jambi dan seluruh instansi terkait.

"Alhamdulillah atas saran pak Danrem dan pak Kapolres, untuk menggunakan alat berat. Kami berkoordinasi dengan PUPR, alat beratnya langsung dikerahkan. Kita bergerak cepat karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak, terutama pasien-pasien covid-19 yang sekarang sedang di rawat. Oksigen itu adalah kebutuhan dasar," bebernya.

Wawako juga menyebut, bersama Wali Kota Jambi melakukan pengecekan ketersediaan Oksigen di setiap rumah sakit.

"Hari ini, dengan terperosoknya mobil pendistribusian menjadi sebab keterlambatan, namun semua sudah teratas dengan cepat. Kebutuhan oksigen di rumah sakit saat ini semuanya meningkat dalam penanganan pasien covid-19. Untuk kondisi terkini ketersediaan oksigen cukup, mobil ini sudah jalan langsung menuju rumah sakit. Walaupun sedikit delay, rumah sakit telah berhitung rentangnya, Alhamdulillah aman," jelasnya.

Sementara itu Mustari, Kastpol PP Kota Jambi bergegas ke lokasi yaitu RS Baiturrahim, saat mendapat koordinasi terkait terperosoknya Mobil Oksigen. "Saya ketika mendapat koordinasi langsung menuju kesini, karena ini tak bisa kita biarkan terlalu lama. Kami semua tim satgas covid-19 harus sigap, cepat, terukur dan tepat," ujar Mustari.(*/tav)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: